Apa Itu Banpres PUM Bank BRI Ini Penjelasan Lengkapnya

Apa Itu Banpres PUM Bank BRI? Ini Penjelasan Lengkapnya

riniisparwati.com – Apa Itu Banpres PUM Bank BRI? Ini Penjelasan Lengkapnya. Ada yang lain dari HUT RI yang ke 75. Selain diterbitkan uang pecahan 75000 baru, pemerintah juga kembali menstimulus perekonomian, terutama kepada pelaku usaha mikro di Indonesia agar bisa dapat terus melanjutkan usahanya.

Bantuan dari pemerintah ini juga bertujuan agar pelaku usaha mikro bisa turut memperbaiki kondisi ekonomi nasional sehingga resesi ekonomi bisa ditekan.

Salah satu usaha pemerintah memulihkan ekonomi karena adanya pandemi COVID 19 adalah dengan program Banpres PUM Bank BRI.

Apa Itu Banpres PUM BRI?

Banpres PUM adalah singkatan dari Bantuan Presiden Produktif Usaha Mikro.

Bantuan ini merupakan bantuan pemerintah kepada pelaku usaha mikro dengan nilai bantuan sebesar 2,4 juta rupiah per pelaku usaha mikro.

Karena salah satu pencairannya lewat bank BRI, maka disebut dengan Banpres PUM BRI.

Pemerintah memang telah melakukan beragam cara untuk memulihkan ekonomi nasional, termasuk kepada pelaku UMKM.

Selain memberikan Banpres PUM, pemerintah juga memberikan kredit usaha rakyat (KUR) Super Mikro dengan bunga ringan.

Ini bisa menjadi salah satu solusi bagi anda pelaku UMKM yang butuh modal usaha, namun tidak bisa mendapatkan pinjaman uang dari bank.

Jika anda tidak mendapatkan Banpres Pum, anda bisa mengajukan KUR Super Mikro sehingga usaha anda dapat berjalan dengan suntikan modal.

Baca juga: 25 Ide Usaha Di Desa.

Syarat Penerima Banpres Pump BRI

Adapun persyaran agar anda bisa mendapatkan bantuan presiden produktif usaha mikro sebesar 2,4 juta adalah sebagai berikut:

  • Para pelaku usaha mikro yang sedang tidak menerima kredit modal kerja dan investasi dari perbankan (unbankable).
  • Pelaku usaha merupakan Warga Negara Indonesia (WNI)
  • Mempunyai Nomor Induk Kependudukan (NIK)
  • Mempunyai usaha mikro yang dibuktikan dengan surat usulan dari pengusul lampirannya
  • Bukan ASN.
  • Bukan anggota TNI/POLRI
  • Bukan pegawai BUMN/BUMD.

Mudah-mudahan dengan bantuan 2,4 juta bagi pelaku usaha kecil dan mikro serta bantuan karyawan 600ribu, perekonomian Indonesia dapata membaik di tengah pandemi Covid.

Dapat SMS Dari BRI Banpres PUMP

Jika ada seseorang yang mengirimkan sms dengan nomor telepon yang tidak anda kenal, maka anda harus hati-hati.

Jangan-jangan itu adalah hanya modus untuk menipu anda sebagai nasabah Bank BRI.

Oleh karena itu, pastikan, bahwa sms yang dikirimkan berasal dari Bank BRI, atau dari Kementerian Koperasi dan UMKM, atau sms dari pemerintah.

Baca: Call Center BRI.

Jika nomor tidak anda kenal, tidak ada namanya, maka anda harus waspada.

Apalagi jika anda harus transfer sejumlah uang terlebih dahulu atau memberikan kode dan nomor PIN, itu pasti penipuan mengatasnamakan BRI.

Kerja Sama Dengan BPKP Untuk Memastikan Penerima Sesuai

Dengan dana yang dikucurkan cukup banyak, maka pemerintah ingin memastikan bahwa dana yang dikucurkan diterima oleh pelaku usaha mikro yang memenuhi syarat.

Oleh karena itu, Kementerian Koperasi dan UMKM bekerja sama dengan BPKP untuk memastikan penerima Banpres PUM tepat sasaran.

Target jumlah penerima adalah sebanyak 12 juta pelaku usaha mikro.

Jadi cukup banyak ya kuotanya.

Cara Pencairan Banpres PUM

Sebagian nasabah Bank BRI sebagai pelaku UMKM ada yang sudah mendapatkan SMS resmi dari Bank BRI bahwa dirinya mendapatkan uang 2,4 juga dari Banpres PUM.

Lalu, gimana cara mencairkan Banpres PUM ini?

Apa yang harus dilakukan setelah mendapatkan SMS.

Simak penjelasan berikut:

1. Pastikan dari BRI

Pertama, pastikan sms tersebut dari Bank BRI bukan dari nomor tidak dikenal. Jika itu memang benar dari BRI, maka selamat anda mendapatkan bantuan sebesar 2,4 juta dari Banpres PUM.

2.Buka blokir

Kedua, uang bantuan dari pemerintah sebesar 2,4 juta tersebut masuk rekening tabungan bank anda dalam bentuk tabungan, namun masih diblokir.

Oleh karena itu wajar, jika anda dapat sms terima dana 2.400.000 tapi saat dicek di rekening masih kosong, itu karena masih diblokir.

Untuk membuka blokirnya, anda bisa menunggu Tim Mantri BRI berkunjung ke rumah anda untuk verifikasi di jam kerja, atau anda datang sendiri ke Bank BRI tempat anda membuka tabungan dengan membawa:

  • Buku Tabungan,
  • KTP, dan
  • Kartu ATM.
  • SKU.

Tambahan Informasi, dari Pak Akang Taruna Kusumadinata yang mengirimkan pesan saya via FB, dari pengalaman mengurus Banpres PUM di BRI, pihak CS Bank BRI juga meminta SURAT KETERANGAN USAHA.

Jadi, lebih baik agar disiapkan juga SKUnya.

3. Tunggu sampai 7 hari kerja

Ketiga, setelah terverifikasi, barulah blokir terbuka dan anda bisa mengambil uangnya. Prosesnya maksimal 7 hari kerja.

Nah, itu adalah informasi dari CS Bank BRI.

Informasi lengkapnya, bisa anda tanyakan ke Bank BRI setempat atau jika belum terdaftar, bisa berkoordinasi dengan Dinas Koperasi dan UMKM di kota anda.

Datang Ke BRI Tidak Otomatis Cair

Biasanya akan dilakukan verifikasi usaha oleh tim terkait.

Jadi siapin mental dulu, dan siap dengan kemungkinan terburuk.

Jangan sampai dari rumah sudah berharap, pulang dari BRI langung bawa duit Banpres PUM hehehe.

Mudah-mudahan semuanya lancar bapak ibu semua.

Kesimpulan

Banpres PUM Bank BRI adalah Bantuan Presiden Produktif Usaha Mikro yang pencairannya lewat Bank BRI.

Untuk mendapatkannya, harus memenuhi persyaratan dan diusulkan oleh lembaga pengusul seperti Dinas Koperasi di Kabupaten/Kota.

Jadi silakan koordinasi dengan Dinas Koperasi setempat.

Besasaran bantuan yang diberikan sebesar 2,4 juta per pelaku usaha mikro dengan target 12 juta penerima.

Demikian penjelasan apa itu Banpres PUM BRI. Baca juga: Cara Menabung Lewat Teller BRI.

76 thoughts on “Apa Itu Banpres PUM Bank BRI? Ini Penjelasan Lengkapnya”

      1. Kalau saya sedang diluar pulau.. bagaimana cara mencairkan Bu?saya buka tabungan di Sumatera tapi saya sedang ada di Bali.mksh

        1. Dicoba aja pak datang ke BRI di Bali, siapa tahu diterima juga di BRI sana, datang ke kantor cabang utamanya, jangan BRI unit

          1. repot sekali ya pak kalau harus ke bank penerbit buku rekening, ya kalau dekat, kalau luar pulau gimana

        2. Dina pupiantari

          Batas waktu pencairannya sampai kapan ya bu, soalnya sekarang saya lagi ditangerang, saya buka tabungan dipemalang..

      2. Ini saya dapat banpres udah saya urus tapi nggak bisa cair gara gara nama saya di cek masih ada tanggungan kredit motor padahal udah lama th 2013 apa benar banpres gak bisa cair makasih

        1. salah satu syaratnya memang tidak sedang mendapat bantuan lain atau pinjaman lain. nah, kalau motor belum lunas, bisa saja itu menjadi penghambatnya pak.

    1. Saya juga dapt sms dari BRI, tapi belum bisa di cairkan .smp hr ini.dan aku masih berharap semoga bisa di cairkan.tidak di Php ni.

  1. SAya dapat SMS banking dari bri mendapat yranferan dana dari banpres pum.Rp 2,4 jt, tapi setelah saya cek tidak ada sama sekali. Kenapa ya?

    1. Berdasarkan informasi dari Call Center BRI, uang masuk ke rekening masih diblokir. Untuk membuka blokir dana, bapak bisa datang ke bank BRI tempat bapak membuka tabungan dengan membawa buku tabungan, KTP dan kartu ATM

        1. Dicoba aja pak datang ke BRI sambil membawa buku tabungan, kartu ATM, dan KTP. Nanti akan diverifikasi juga di BRI.

    1. Udah mencairkan kah mbak? Itu harus datang ke BRI bawa SKU juga? Kalau tidak punya bisa cair ga ya? Soaonya dapat sms juga tapi tidak punya SKU. Mksih

  2. Baru saja saya dari bank BRI terdekat, kata security, bantuan itu memang ada tapi prosedur atau pembukaan blokirnya belum terealisasi, katanya masih menunggu hasil rapat dari presiden dan tim, yg di laksanakan hari ini …

    1. Kalau melihat dari persyaratan, harus punya usaha. Nah kenapa dapat sms dari BRI, kemungkinan BRI mengambil data setiap nasabah Simpedes yang punya saldo tabungan di bawah 2 juta, setelah itu baru diverifikasi.

      Jika mau usaha dengan datang ke BRI, monggo pak, siapa tahu bisa dicairkan. Tapi kalau sesuai persyaratan, disebutkan untuk pengusaha mikro

      1. Wisani Yulisari

        Saya mau tanya bu. Apakah setiap unit BRI cabang, prosesnya berbeda?
        Suami saya punya usaha mikro, saya dapat sms banpres pum. Setelah saya ke unit BRI tempat saya buat tabungan, ternyata memang saldonya sudah masuk, tapi masih terblokir.
        Tetapi teman saya sudah bisa cair.
        Padahal masih di kota yang sama, tapi beda unit BRI cabang.

        1. Di mana-mana, unit BRI memang kadang punya kebijakan beda bu. Kalau dari pengalaman Pak Akang Taruna Kusumadinata, beliau sudah cair juga setelah membawa BUku Tabungan, KTP, Kartu ATM dan SKU, gak sampai 15 menit sudah cair.

  3. stefanus fendi jatmiko

    saya mendapat sms resmi pihak Bank BRI, kamis 20 agustus 2020. hari jumat saya keunit cabang Bank BRI ternyata tutup,, untung ada pak satpam,, akihirnya saya bertanya dan menunjukkan bukti sms resmi Bank BRI..pak satpam menyampaikan senin bapak datang kembali kesini dan membawa :
    1. buku rekening BRI.
    2. Kartu ATM BRI.
    3. KTP.
    tepatnya hari senin, 24 Agustus 2020 hari ini.. saya pergi Bank BRI antri dari jam 08:00 – 11:00 begitu saya proses lama sekali mengisi foam surat” dan tanda tangan bermaterai.. dan uang sudah masuk kebuku rekening senilai 2,4jt. kata CS maaf bapak ternyata setelah dicek dari pusat bapak belom bisa mendapatkan bantuan tersebut.dengan alasan usaha saya tidak produktif.. jadi ceritanya difoam surat tadi saya disuruh mengisi sebelum omset berapa dan sesudah omset berapa.. maaf usaha saya mebel atau furniture.. maaf usaha saya ini baru merintis..jadi dari awal pandemi sampai hari ini memang belom sama sekali mendapat pemasukan sama sekali.
    saya sedih aslinya karna saya pribadi sangat membutuhkan bantuan tersebut..tapi mau gimana lagi mungkin ini belom Berkat keluarga kami.. tapi saya tetap berterimakasih banyak kepada bapak presiden kami Ir. jokowi dodo sudah sangat merakyat dan baik sudah menolong Rakyatnya bagi yang benar-benar kurang mampu. Tuhan Yesus Selalu Memberkati Anda dan Keluarga .
    Amin

    1. Jadi usaha seperti apa yg bisa cair tu kira2? Kalo bgt kan mendingan kita disuruh mengajukan syarat2 dulu, baru dapt kabar, ini berasa jadi di php in… Ya kan

      1. sebenarnya banpres ini sudah ada sebelum agustus kemarin, bahkan beritanya sudah ada beberapa bulan sebelumnya, hanya saja kita mungkin gak ngikutin. usaha yang disyaratkan adalah usaha mikro

        1. Maaf saya mau tanya,seandainya kita kelamaan ((sebulan setelah dapet sms dari bri)) baru kita tindaklanjuti,apakahmasih bisa cair??
          Trims

    2. Bagaimana solusinya untuk pencarian dana BANPRES PUM jika saya sedang di luar pulau,,??

      APAKAH usaha online shop saya bisa dijadikan syarat untuk pencarian dana BANPRES PUM tersebut.

      Tolong pencerahannya,,,,!!!
      Terimakasih

      1. Monggo para penerima BLT Banpres PUM BRI yang sudah menerima uangnya, silakan bisa berbagi pengalamannya di sini agar memudahkan yang lain mencairkan dan membuka blokir bantuannya

  4. sama juga saya mendapat sms dari BRI perihal Banpres PUM sebesar Rp 2,4 juta.saya telp call centre BRI .saya sampaikan bahwa saat ini saya berada di luar kota,saya di suruh cek di BRI Unit/KCP ,saya datang ke KCP saya ajukan saya serahkan buku rekening,ktp,atm dicek,Sudah Di Print tertera Nominalnya uang masuk sebesar RP 2.400.000,00 akan tetapi saya cek di atm masih juga 0 tdk ada uang masuk..dan saya kembali lagi ke CS BRI lagi,,ditanyakan ke atasannya lagi..lama saya tgg akhirnya datang dan minta maaf saya diminta datang langsung ke Kantor BRI dimana saya Mengajukan buku rekening……ya smg saja benar adanya dan bisa buat tambah modal usaha saya…Positive Thinking saja

    1. aamiin mudah-mudahan benar-benar bisa diambil uangnya pak, harusnya sih syaratnya bisa diambil di kantor BRI mana saja, jangan di tempat membuka rekening tabungan

      1. Saya dpt sms bnking trus sy ke bri trus tnd tngn surat prnytaan..skitar 4hri dr bri kunjungn k rmh..ktnya tgu 1-2minggu stlh dri bri kunjngan akan cair..tp sampai dtik ini tdk cair juga

    2. Berrtu saya sudah g bjsa cair ya,, saya buka rek di sumbar, sekaramg saya di jateng, mau pulang buat ngurus uang 2,4jt ongkos bolak balik ja tekor,PHP ini mah

      1. dicoba aja gapapa kak di BRI Jateng, di kantor cabang utamanya, siapa tahu bisa. Kadang beda kantor BRI beda kebijakan juga. Mudah-mudahan sih kebijakannya di rubah, gak harus di kantor tempat buka rekening

    1. cetak buku tabungan aja kak di BRI. jika ternyata gak masuk, bisa koordinasi dengan BRI dan Dinas Koperasi, agar bisa diusulkan

      1. Maaf bapak2/ibu2 saya mau menanyakan, yg kemaren2 dapat sms dari bank BRI, apakah sudah ada yg berhasil mencairkan dananya/buka blokir di BRI, kalo misal udah ada, minta tolong di share disini ya, seperti apa prosedurnya … terimakasih

  5. Saya mendapatkan notifikasi SMS banking BANPRES PUM senilai Rp.2.400.000. setelah di print buku ternyata benar tapi tidak bisa di ambil…

    Jika harus dilakukan pencairan dimana kita membuka rekening, mending tidak usah di ambil, saya di Nias buka di rantau Prapat.

    Abis di ongkos….

  6. Saya juga dapat SMS Banking BRI sebesar 2400.000 tapi d cek saldo nya tidak ada terus sya datang langsung k BRI tapi dari pihak bank malah gk bisa blokiranya mlh d batalin.

  7. Saya dapat SMS tanggal 20’agustus kemarin,, saya cek di ATM saldo masih belum ada penambahan,.
    Tadi siang tanggal 25’agustus Saya confirmasi ke bank BRI ( jawaban’a masih di BLOKIR )
    dan di suruh suruh tunggu 7’hari kerja ( tanpa ada penjelasan apapun )

    1. dari jawaban call center, disuruh datang ke bank bri tempat buka rekening, setelah itu, maksimal 7 hari kerja baru terbuka blokirnya

  8. Aku dapat SMS banptes pum2,4 juta….di print juga adadi BRI Pamulang di suruh buka blokir di Brebes…. sedangkan kita dianjurkan hindari keluar rumah… TLP bank cabang jawaban nya uangnya masih di pusat…. bingung

    1. mudah-mudahan ke depannya ada kebijakan yang memudahkan untuk penerima ya pak, jangan seperti ini diombang-ambingkan, repot banget harus pulang

  9. Dapat sms dari BRI sebagai penerima banpres. Setelah di cek. Ada transferan masuk 2,4 juta rupiah. Tapi masih terblokir. Buka tabungan di bekasi. Skrg menetap di jawa timur. Apa bisa di cairkan?

    1. Kalau jawaban dari Call Center BRI, ke kantor BRI tempat membuka rekening, tapi kalau mau dicoba di kantor cabang BRI di Jawa Timur, ga ada salahnya dicoba siapa tahu ada solusi dari BRI sana

  10. Bener mbak ada sya sdh konfirmasi dan ttd surat pernyataan dan tanggung jawab bwa ktp n buku n atm uang nya bisa di ambil

    1. Saya tadi barusan ke bank bri unit, berkas2 saya sudah di foto copy dan tanda tanggan di atas materai 2 lembar… Tapi ujung2 nya tunggu di survey dulu oleh tim ntr trima ngk trima nya di tlp kata pihak bank… Jadi yg tadi di suruh saya tanda tangan sampai 2 buah pakai materi apa dong… Aturan kan kok udah tanda tangan di atas materai cair terus ni tunggu di konfirmasi tlp dari pihak tim survei dari bri…

  11. Alhamdulillah buk., in saya hbs ngurus. Dan lngsung bsa diambil saat itu juga. Stlah qt selesai mengisi semua berkas2 yg telah disiapkan.

      1. Aminn bu.,
        Syaratnya gak repot kok. Cuma butab, atm, sm ktp aja.
        Hanya isi berkas selesai uang lngsung bsa diambil.

      2. Saya udah ngurus Dr tnggl 24 Agustus sampai sekrng blm ada kbr kak katanya nnti mah dtlp Dr pihak bank tpi sampai sekrng ngk tlp.trus kta pegawai BRI ny ngk bisa mastiin dpt apa ngk ny,klo kya gini jd kya diphp in kak.

  12. Datang Ke BRI Tidak Otomatis Cair !!!
    Biasanya akan dilakukan verifikasi usaha oleh tim terkait.

    Jadi siapin mental dulu, dan siap dengan kemungkinan terburuk.

    Jangan sampai dari rumah sudah berharap, pulang dari BRI langung bawa duit Banpres PUM hehehe.

    Mudah-mudahan semuanya lancar bapak ibu semua.

    artikel ini mengenak sekali tadi siang saya sudah fix tidak bisa menerima banpres pum ini alasan bank ke saya. istri saya pns !!! sementara kepala keluarga saya wiraswasta. semoga jadi pengalaman

    1. Kalau demikian, jangan transfer dulu uang nya seolah2 sdh cair. Ini pembodohan dan penipuan publik namanya. Setiap kegiatan bantuan harus dilakukan dengan prosedur yang hati2 jangan sampai meresahkan masyarakat. Tks

  13. Pda tgl 20 agustus kmaren saya mendapat sms dr bank bri ada uang masuk d rek dari banpers pum snilai 2.400..awal nya saya gak tau apa itu banpers pum stelah saya cek d google trnyata itu bantuan dr presiden..dengan perasaan senang saya cek sore ny uang gk ada saya bngung koq gk ada tp dapet sms dr bri…dua hari kmudian saya datang ke bank menanyakan ke cs nya..bahwa benar ada uang masuk tp msh d blokir..ktanya harus ke cab awal kita buka tab..perasaan jd sedih..lalu dua hari kmudian saya berangkat dr tanggerang k jkrta k tmpat awal saya buka buku tab..kata pihak cs bank nya iya benar tp saya harus isi fomulir isi data bawa ktp kk dan buku tab dan lampirkan materai dan ttd..kata pihak cs nya uang udh masuk besok d cek aja yaa..dan akhir sampai skrg mau sbulan gk muncull juga nominal nya….

  14. Saya mlh dpt notifikasi tgl 15 agustus…saya urus kebank tgl 18…hari ini harusnya cair krn mantri bri menyuruh saya datang tapi bisa cair klo untuk mengangsur utang KUR orang yg mengajuk nama saya…BRI TIDAK AMANAH
    INI BANTUAN UMKM..BUKAN UNTUK ANGSURAN KUR ..

  15. Saya dpt sms tgl 20/8/2020 sdh saya konfirmasi ke bri dan sdh di verifikasi suruh nunggu 2 minggu ini sdh 2 minggu lbh ternyata tetap kosong hadeeeh…kena prank & php

      1. sms banking masuk,dtang k bank isi ini itulah,suruh nunggu.
        hampir sebulan gk ada kabar,maunya apa….
        nunggu kita” nekad berbuat kriminal buat kasih makan anak istri.
        kalo niat bantu yaudah kasih aja ngak usah dipersulit.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *