review jd.id kelebihan dan kekurangan

Review JD.ID, Toko Online Gratis Ongkir Dan Bisa Bayar Ditempat (COD)

riniisparwati.com – Sudah pernah punya pengalaman belanja di JD.ID? Saya sudah beberapa kali memesan barang di situs belanja online gratis ongkir dan bisa bayar ditempat ini. Saya juga punya pengalaman beli HP di JD.ID. Nah, pada kesempatan kali ini saya akan memberikan review mengenai JD.ID ini guna memberikan wawasan buat pembaca yang mau berbelanja di JD.ID.

JD.ID adalah sebuah mall online yang mempunyai kantor di Jakarta, yang menyediakan beraneka ragam barang dengan slogannya dijamin Ori, atau barang-barang yang dijual dijamin asli.

Toko online yang bisa COD ini pertama kali muncul pada bulan November 2015 dengan berbagai kategori pilihan produknya dari Ibu dan anak, smartphones, perangkat elektronik, dan barang-barang keperluan sehari-hari lainnya.

Kita bisa membeli laptop, hp, peralatan elektronik, peralatan memasak, dan segala macam keperluan dapur di JD.ID.

Jasa pengiriman dari JD.ID juga sudah  menjangkau setidaknya 365 kota di seluruh Indonesia dilengkapi ribuan armada yang siap mengantarkan barang pesanan secara langsung kepada para pembeli JD.ID.

JD.ID sendiri merupakan marketplace hasil kerja sama antara JD.COM yang berlokasi di China dengan partner yang ada di Indonesia.

JD.COM selama ini dikenal sebagai salah satu situs belanja online besar di China yang bersaing ketat dengan Alibaba.

Pernah belanja online di Alibaba? Yap, Alibaba juga ada program gratis ongkir ke Indonesia lho meskipun barang dikirim dari China.

So, kedua situs belanja online ini sampai sekarang masih terus bersaing ketat, sampai ke Indonesia juga.

Review JD.ID

Untuk pemula yang belum pernah belanja di JD.ID mungkin pengin mendengar pengalaman belanja di JD.ID dari orang lain.

Apakah JD.ID terpercaya?

Sepanjang pengalaman saya, alhamdulillah barang yang saya pesan tidak pernah mengecewakan.

Waktu pengiriman JD.ID tidak pernah lama, mungkin keberuntungan kali ya hehehe.

Saya memesan mixer, tas, hp, dan barang lainnya, barangnya tidak sampai seminggu sudah sampai ke alamat, mungkin karena alamat pengiriman tidak jauh dari Jakarta, cuma ke Lampung saja.

Waktu tempuh Jakarta Lampung kan memang gak lama hehehe.

Soal barang yang saya beli, barangnya pun ok, bagus, sampai sekarang masih enak dipakai, dan tentu saja benar-benar gratis ongkir meskipun barang yang saya pesan cukup berat dan berupa barang elektronik seperti mixer dan oven.

Namun, gak ada sesuatu yang sempurna, maka pada kesempatan kali ini, review JD.ID ini bertujuan untuk mengungkapkan kelebihan JD.ID serta kekurangan JD.ID dari kaca mata saya.

Kelebihan JD.ID, Toko Online yang Gratis Ongkir dan Bisa COD atau Bayar Di Rumah

Kelebihan JD.ID sendiri cukup banyak yang menjadikan situs belanja online terpercaya di Indonesia ini bisa menjadi salah satu pilihan anda dalam memenuhi kebutuhan anda, terutama barang-barang elektronik.

Beberapa kelebihan JD.ID adalah:

1. Menjadi salah satu toko online gratis ongkir di Indonesia

Belanja online sendiri punya keuntungan, yaitu gak perlu keluar rumah, gak perlu keluar bensin buat transport, gak perlu naik angkot atau kendaraan umum, gak perlu bayar parkir, cukup di rumah, pegang gadget, bayar juga pakai gadget, lalu barang sampai ke rumah.

Sayangnya, banyak toko online yang masih membebankan biaya ongkos kirim kepada pelanggannya, yang membuat harga barang jadi mahal, karena ada ongkos kirim.

JD.ID bisa menjadi salah satu pilihan belanja online karena ada fasilitas gratis ongkir, sama seperti shopee yang menyediakan fasilitas subsidi ongkir bagi pembelinya.

*) ketentuan gratis ongkir dari JD.ID bisa berubah sewaktu-waktu, so saat belanja harus teliti berapa biaya ongkir apakah gratis atau tidak.

2. Bisa belanja online bayar di tempat di JD.ID

Buat anda yang gak punya rekening bank, atau khawatir terjadi penipuan di JD.ID, bisa memilih metode pembayaran COD di JD.ID dibandingkan transfer bank atau virtual account.

Anda cukup membayar barang setelah barang sampai di rumah anda, tanpa perlu khawatir sudah bayar tapi barang tidak sampai.

Belanja online COD sendiri makin diminati banyak orang, wajar saja jika Shopee pun kini bisa COD.

3. Makin banyak produk yang bisa kita beli di JD.ID

Produk yang ada di JD.ID kini makin banyak.

Kita sekarang sudah bisa beli pulsa di JD.ID, beli paket data di JD.ID, beli tiket kereta api di JD.ID, beli tiket pesawat di JD.ID, booking hotel di JD.ID, atau bayar tagihan listrik dan beli token PLN di JD.ID, bayar tagihan PDAM serta tagihan BPJS Kesehatan di JD.ID.

Saingan banget deh sama shopee dan situs belanja online lainnya.

4. JD.ID punya jasa kurir sendiri untuk pengiriman barang

Barang yang dikirim oleh JD.ID menggunakan JX Express. Untuk tracking pengiriman barang, silakan baca: Cara Cek Resi Pengiriman JD.ID.

JD.ID juga menyediakan fasilitas Self Pickup terutama untuk anda yang berlokasi di daerah Jakarta dan sekitarnya sesuai dengan lokasi pickup yang telah ditentukan JD.ID.

5. Banyak barang dengan harga murah di JD.ID

Dulu saya membeli oven dan 2 kali beli mixer di JD.ID karena harganya murah dibandingkan di situs belanja lain.

Selain murah, ternyata juga gratis ongkir dan harganya jadi lebih murah dibandingkan beli di pasar atau toko elektronik.

Untuk harga barang, silakan bandingkan dengan marketplace lain dan pilih mana yang paling murah setelah digabungkan dengan ongkos kirim.

Kekurangan JD.ID

Review JD.ID selanjutnya adalah kekurangan JD.ID dari pengalaman yang saya alami.

Kekurangan JD.ID yang pertama adalah soal aplikasinya yang cukup berat saat dibuka di smarphone.

Pertama kali download, install, registrasi, dan login ke akun JD.ID, aplikasi ini loadingnya  cukup lama, barang atau produknya lama sekali munculnya.

Berbeda dengan saat saya menginstal aplikasi shopee, bukalapak, tokopedia, elevenia, blibli, dan situs marketplace lainnya.

Kekurangan JD.ID yang kedua adalah cara belanja yang ribet jika memilih bayar lewat transfer (bukan virtual account) karena harus konfirmasi manual dan menghubungi cs JD.ID.

Kalau mau gampang, enakan bayar pakai virtual account.

Kesimpulan Review Toko Online JD.ID

JD.ID kini makin berkembang dan makin lengkap, sudah banyak produk yang bisa kita pesan.

JD.ID termasuk salah satu toko online gratis ongkir dan bisa COD di Indonesia.

Demikian saja Review JD.ID mengenai kelebihan JD.ID dan kekurangan JD.ID dari saya. Baca juga: Pengalaman Pertama Beli Barang di JD.ID.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *