Arti Dropship di Shopee, Keuntungan, Beda Dengan Reseller

arti dropship di shopee

riniisparwati.com – Apa itu dropshipper di shopee? Setelah membaca panduan dropship shopee, bisa jadi anda tertarik untuk berjualan atau berbisnis dropship di shopee, mendaftar menjadi dropshiper, dengan berbagai keuntungan yang ada dibandingkan anda menjadi reseller yang butuh modal lebih banyak.

Harapannya, anda juga bisa lebih paham bagaimana menjadi dropship shopee sehingga bisa membuka toko sendiri dan kemudian berjualan di shopee sebagai dropshipper.

Shopee sebagai marketplace belanja online yang terbilang masih baru dibandingkan dengan saingannya, Tokopedia, Lazada, Bukalapak, dan ecommerce lain, memang cukup banyak menyedot perhatian masyarakat dengan berbagai promonya.

Ada program belanja gratis ongkir di shopee yang cara mendapatkannya gak ribet, mendapatkan subsidi ongkos kirim sejumlah tertentu, dengan ketentuan dan syarat yang berlaku tentunya.

Shopee juga menyediakan metode pembayaran bayar ditempat atau COD, sehingga saat memesan barang di shopee, anda bisa membayar menggunakan uang cash saat barang sudah sampai di rumah.

Tak cuma itu, belanja barang di shopee juga bisa menggunakan sistem cicilan baik menggunakan kartu kredit maupun tanpa kartu kredit.

Baca: Cara Cicilan di Shopee.

Dan yang paling enak tentu saja, buat yang mau membuka bisnis baru, bisnis dropship di shopee juga bisa anda lakukan, termasuk dropship dari shopee ke shopee.

Apa Itu Dropship?

Dropship adalah sistem berjualan di mana si penjual hanya menjualkan barang orang lain, tanpa menyetok barang di rumah atau di gudangnya.

Jadi, dengan metode berjualan dropshipping ini, seller atau penjual hanya menjual gambar atau menunjukkan barang yang dijual seperti apa, dan barang itu bukan miliknya, tapi milik seller atau penjual lain.

Bisa dibilang, dropship ini seperti “calo”.

Dia menjual barang orang lain, tapi atas namanya, dan yang mengirimkan barang pun bukan dia, tapi si pemiik barang, dengan menggunakan nama pengirim si dropshipper.

Misalkan A adalah dropshipper. B pemilik barang berupa Baju-baju anak. Nah, Si A ini menawarkan baju-baju anak punya B, lalu saat ada yang membeli, Si A bilang sama B agar barang dikirim ke alamat pemesan menggunakan nama si A, dan A hanya membayarkan barang sesuai pesanan.

Selain menjadi dropshiper di shopee, anda juga bisa bisnis dropship di tokopedia, bukalapak, dan beberapa toko online lainnya.

Apa Itu Reseller?

Pengertian reseller adalah seseorang yang menjual barang dari seller utama. Barang yang ia beli harganya lebih murah daripada selain reseller yang membeli.

Si reseller ini harus membeli sejumlah barang tertentu dengan harga yang telah ditentukan dengan jumlah tertentu.

Jadi, reseller harus membeli dulu sejumlah barang, tidak perlu memproduksi barang sendiri.

Keuntungan menjadi reseller, mendapatkan harga yang lebih murah di produsen atau dari seller utama.

Perbedaan Dropship dan Reseller

Perbedaan utama dropship dengan reseller adalah, sistem jual barang secara dropship, penjual tidak perlu menyetok barang terlebih dahulu.

Sementara kalau jual barang sebagai reseller, penjual harus membeli barang sejumlah tertentu, menjadi stok barang, dan kemudian dia mengirim barang dari lokasinya.

Kalau dropship, barang dikirim dari lokasi pemilik barang/produsen/seller utama.

Cara menjual barang di shopee dengan sistem dropship tentu lebih kecil risikonya dibandingkan sistem reseller.

Keuntungan Dropship

Kuntungan dropship yang paling utama adalah tidak perlu mengeluarkan modal untuk membeli barang sebagai stok jualan.

Jadi, gak perlu membeli barang dulu, cukup beli barang sebanyak yang dipesan oleh si pembeli, baru kemudian dibayar ke seller utama.

Risiko rugi dari dropshipper juga sangat kecil, karena tidak menanggung risiko barang tidak laku.

Yang jelas, kalau barang berhasil dijual, maka dia akan mendapatkan keuntungan dari selisih harga antara yang dia terima dengan harga barang yang dibayar ke seller utama.

Apa itu Arti Dropship di Shopee?

Arti dropship di shopee adalah anda membeli barang di shopee tapi untuk dikirimkan kepada orang yang membeli barang kepada anda.

Misalkan saja, anda membuat toko online atau buka toko dengan jualan di facebook, instagram, atau WA.

Nah, anda berjualan menggunakan sistem dropshipper di shopee.

Jadi, anda menawarkan barang-barang kepada calon pembeli anda sesuai dengan harga yang ada di shopee, ditambahkan keuntungan yang anda inginkan.

Setelah ada pembeli yang memesan barang kepada anda, lalu membayar kepada anda, anda pun bisa langsung memesan barang di shopee sebagai dropshiper.

Cara pesan barang di shopee sebagai dropshipper cukup mudah, saat check out tinggal pilih saja “Kirim Sebagai Dropshipper”.

Jangan lupa untuk mengisi alamat pengiriman dan nomor telepon dengan “alamat pembeli dan nomor telepon pembeli yang telah membeli barang kepada anda

Dengan berjualan barang lewat sistem dropshipper ini, anda tidak perlu stok barang, cukup menawarkan gambar barang saja.

Jika ada barang yang berhasil anda jual, anda tinggal pesan dropship di shopee.

Gimana, mudah-mudahan cukup mencerahkan mengenai arti dropship di shopee ini. Menjual produk shopee dengan sistem dropship pun cukup mudah.

Kalau bisa, cari supplier di shopee yang harganya paling murah tapi terpercaya bukan penipu.

Gak ribet daftar dropship di shopee baik pengiriman barang menggunakan J&T atau JNE.

Pada kesempatan lain, akan kita bahas cara menjadi dropshipper di tokopedia atau bukalapak.

Kiranya itu saja penjelasan singkat mengenai Arti Dropship di Shopee mudah-mudahan membantu. Baca juga: Nomor Telepon Shopee Untuk Pengaduan dan Komplain.

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *