bandara radin inten ii menjadi kelas internasional

Bandara Radin Inten II Menjadi Kelas Internasional, Segera Terwujud?

riniisparwati.com – Semakin padatnya jadwal penerbangan bandara lampung kini dirasakan benar oleh masyarakat, terkait dengan makin banyaknya rute penerbangan langsung dari Branti dan makin bertambahnya jumlah pesawat yang melayani penerbangan dari dan ke Lampung.

Mau bepergian dari Lampung ke mana saja kini makin mudah dengan pelayanan penerbangan yang ada di Bandara Radin Inten 2 Lampung, salah satu nama Bandara Lampung yang sedang diusulkan untuk menjadi kelas internasional sejak beberapa tahun terakhir.

Gubernur Lampung, M Ridho Ficardo, beberapa kali juga mengungkapkan bahwa Pemerintah Provinsi Lampung terus mengupayakan agar Bandara Radin Inten II Lampung menjadi kelas Internasional guna meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan sektor pariwisata.

Tempat wisata di Lampung sebenarnya memang sangat potensial, baik bagi turis lokal maupun turis internasional.

Turis internasional selama ini lebih banyak berkunjung ke Krui Pesisir Barat dengan ombaknya yang cukup tinggi dan cocok buat surfing atau berselancar.

Gak heran kalau di Krui Pesisir Barat, terutama di Pantai Tanjung Setia Krui, banyak dibangun resort-resort hotel di pinggir pantai yang memanjakan setiap wisatawan mancanegara yang berlibur di Pantai Tanjung Setia.

Jika anda sering naik pesawat ke Bandara Radin Inten 2 Lampung, anda juga mungkin sering menjumpai turis asing yang membawa alat selancar di pesawat, lalu menyewa mobil atau taksi dari Bandara Radin Inten II ke Krui Pesisir Barat Lampung.

Meskipun sudah ada bus Trans Lampung dari Branti Ke Krui, pilihan menyewa taksi mungkin lebih fleksibel dan tidak terikat dengan waktu.

Baca juga: Jadwal Pesawat dari Jakarta ke Lampung.

Mewujudkan Bandara Radin Inten II Menjadi Kelas Internasional, Masyarakat Lampung Pun Bakalan Bangga

Rasanya perasaan kita bakalan bangga saat ada orang menyebut “Bandara Internasional Lampung”. Gak cuma bangga, dengan status menjadi Bandara Internasional, diharapkan juga makin mudah buat kita saat mau jalan-jalan ke luar negeri, gak harus terbang ke Bandara Soekarno Hatta dulu.

Kepastian mengenai Bandara Radin Inten 2 Lampung menjadi kelas internasional memang masih menunggu keputusan pemerintah.

Banyak syarat sebuah bandara lolos menjadi Bandara Kelas Internasional, dan syarat-syarat tersebut satu per satu telah dipenuhi oleh Pemerintah Provinsi Lampung.

Saat saya membaca artikel di suryamalang.tribunnews, di situ disebutkan bahwa untuk menjadi bandara kelas internasional, panjang landasan pacu pun ternyata menjadi salah satu persyaratan.

Panjang landasan pacu untuk menjadi kelas internasional idealnya adalah 2.500 m atau 2,5 km. Panjang juga ya hehehe.

Selain panjang landasan pacu, kelengkapan bandara juga harus dipenuhi seperti pabeanan (custom), imigrasi, dan karantina.

Saat kita datang ke Bandara Lampung, kita sudah bisa melihat, di ruang tunggu sebelah kiri, itu ada keterangan ruang tunggu Internasional.

Tapi, ketika kita ke sana, ruang ini masih ditutup, tidak diberikan akses masuk, dan memang masih menunggu sampai Bandara Radin Inten II diresmikan menjadi bandara kelas internasional oleh pemerintah.

Jika nantinya bandara ini telah resmi menjadi Bandara Internasional Lampung, saya yakin bakalan makin banyak hotel dekat Bandara Lampung yang dibangun, pariwisata Lampung makin ramai, investasi makin berkembang, dan mudah-mudahan begal di Lampung makin berkurang ๐Ÿ˜€

Apalagi kalau Bandara Gatot Subroto Lampung jadi dibuka operasionalnya untuk penerbangan komersial, maka Lampung daerah Way Kanan dan sekitarnya pun diharapkan makin ramai investasi.

Orang Lampung tentu akan bangga jika Bandara Lampung bisa sekelas bandara Soekarno Hatta, Bandara Internasional Lombok, Bandara Internasional Jawa Barat, Bandara Internasional Minangkabau, Bandara Internasional Kertajati, dan bersaing dengan 10 bandara terbesar di indonesia lainnya.

Dari sekian banyak nama bandara internasional di indonesia, kita berharap ada nama Bandara Radin Inten II Lampung terselip di situ.

Kemudian jika disusul dengan pembangunan pelabuhan internasional di indonesia yang ada di Lampung, tentu makin lengkap fasilitas transportasi yang ada di Lampung.

Mari sama-sama berdoa, mudah-mudahan upaya Bandara Radin Inten II Menjadi Kelas Internasional segera terwujud demi Lampung yang makin maju. Baca juga: Jadwal Penerbangan Pesawat dari Bandara Lampung.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *