10 Cara Menghemat Uang Belanja Dapur Sehari Hari Untuk Gaji Kecil Anda

10 Cara Menghemat Uang Belanja Dapur Sehari Hari Untuk Gaji Kecil Anda

riniisparwati.com – Berbagai cara menghemat uang belanja sehari-hari bisa diterapkan oleh anda yang memiliki gaji kecil, atau mungkin merasa penghasilan yang diterima terasa kurang untuk menyisihkan uang belanja harian. Menghemat uang belanja dapur juga bisa membantu suami. Dengan menghemat uang anda untuk belanja harian dan mingguan, anda bisa sedikit menabung untuk keperluan lain yang bisa jadi mendesak sewaktu-waktu.

Sebagai ibu rumah tangga yang cerdas, tidak melulu harus mengharapkan uang besar dari suami, apalagi jika anda tidak bekerja. Silakan terapkan cara mengirit uang belanjaan dapur sehari-hari dan mingguan serta bulanan, sehingga pengeluaran anda jadi lebih terencana.

Menjadi ibu rumah tangga yang tidak bekerja, pada dasarnya bukan sama sekali tidak bekerja.

Ibu rumah tangga justru punya pekerjaan rumah yang sangat banyak, meskipun hasilnya memang tidak dapat dinilai dengan uang. Atau tidak menghasilkan uang.

Padahal, sejatinya, istri pun turut membantu penghasilan suami, dengan bekerja di rumah.

Coba bayangkan, jika semua dikerjakan oleh asisten rumah tangga, tentu harus mengeluarkan uang lebih. Jadi saat istri mengerjakan pekerjaan rumah, pada dasarnya dia sedang menambah penghasilan juga, namun tidak dalam wujud materi yang terlihat.

Ibu rumah tangga sering harus memutar otaknya, mengatur uang yang diterima oleh suami, agar cukup buat belanja sehari-hari untuk keperluan dapur yang lainnya.

Apalagi jika suami memiliki uang gaji kecil yang pas-pasan, tidak bisa ngasih lebih lagi, tentu ibu rumah tangga harus lebih cerdas, irit dalam belanja.

Nah, berikut ini beberapa tips cara untuk menghemat uang anda, tips irit ibu rumah tangga, cara mengatur uang belanja agar tidak boros:

1. Cara Menghemat Uang Gaji Kecil: Buat Budget Belanja Harian, Mingguan, dan Bulanan

Gaji suami biasanya diterima bulanan pada awal bulan atau akhir bulan. Anda sebagai ibu rumah tangga juga mungkin akan menerima uang dari suami bulanan, setelah suami menerima gaji.

Jika suami anda memiliki gaji kecil, tak perlu khawatir, dengan kreativitas anda dalam mengirit uang belanjaan, insya Allah uang tersebut cukup.

Langkah pertama saat anda menerima uang dari suami adalah membuat budget belanja dari harian, mingguan, hingga bulanan.

Untuk budget belanja bulanan, anda bisa menyisihkan uang untuk beli dan bayar: tagihan listrik, pulsa, telepon, beras (beli 10kg atau lebih yang cukup untuk satu bulan), pasta gigi, uang SPP anak, dan pengeluaran bulanan lainnya.

Daftar budget belanja mingguan: siapkan uang untuk beli minyak, bumbu, detergen, sabun, dan pengeluaran mingguan lainnya.

Daftar budget belanja harian agar ibu rumah tangga makin irit: anggarkan uang untuk memberikan uang jajan anak, beli sayur dan lauk pauk, dan keperluan sehari-hari lainnya.

Keperluan belanja anda pada dasarnya bisa dikelompokkan menjadi harian, mingguan, dan bulanan. Untuk sayur dan lauk, anda bisa membelinya secara mingguan, sehingga bisa lebih hemat karena beli banyak sekaligus.

2. Cara Menghemat Uang Belanja Mingguan: Manfaatkan Diskon Jumat Sabtu Minggu Di Minimarket Seperti Indomaret dan Alfamart

Tips irit ibu rumah tangga selanjutnya, setelah membuat anggaran belanja harian mingguan dan bulanan, yaitu eksekusi dari anggaran tersebut.

Untuk budget anggaran mingguan, biar belanja lebih irit dan hemat, belilah barang-barang tersebut di hari Jumat, Sabtu, dan Minggu.

Kalau saya lebih suka hari Sabtu atau Minggu.

Di hari tersebut, biasanya banyak diskon dan promo barang di Indomaret serta Alfamart seperti minyak murah, detergen murah, dan sebagainya.

Atau belanja di akhir bulan, biasanya ada promo khusus dari minimarket untuk menarik pelanggan agar belanja. Tahu sendiri, akhir bulan kan gak banyak yang gajian, jadi jarang orang punya uang hehehe.

Nah, minimarket menarik pembeli dengan memberikan diskon, agar meskipun gak punya duit banyak, tetap mau belanja 😀

3. Cara Menghemat Uang Belanja Sehari-hari: Ajari Anak Agar Tidak Hobi Jajan

Memberikan uang jajan kepada anak memang sesuatu yang tidak bisa dihindari. Namun, memberikan uang jajan yang berlebihan juga tidak baik.

Sebisa mungkin, ajari anak agar tidak terlalu sering jajan, batasi uang jajan, jangan apa yang mau semuanya dituruti, meskipun gaji anda besar.

Kebiasaan banyak jajan kurang baik untuk anak dan tidak mendidik anak untuk bersikap hemat dalam kehidupan sehari-hari.

Jangan pedulikan omongan tetangga yang mengatakan anda pelit. Kita hanya ingiin mengajarkan anak hidup hemat.

Tapi ya jangan sama sekali gak ngasih uang jajan anak hehehe. Kalau bisa, ajari juga anak untuk gemar menabung.

4. Cara Menghemat Uang Belanja Dapur: Minimalkan Penggunaan Bumbu Jadi, Bikin Bumbu Sendiri

Cara menghemat uang belanja bagi yang bergaji kecil selanjutnya adalah, perbanyak meracik bumbu sendiri dibandingkan membeli bumbu jadi.

Dengan meracik bumbu sendiri, anda bisa lebih berhemat.

Misalkan mau membuat tempat mendoan atau tempe goreng, racik sendiri kombinasi bumbu dan tepungnya dibandingkan membeli tepung bumbu.

Salah satu kebiasaan ibu-ibu modern adalah membeli bumbu jadi dan ini tentu kurang cocok untuk menghemat uang gaji kecil.

5. Cara Hemat Memasak: Pilih Menu Masakan atau Makanan yang Tahan Lama, Tidak Mudah Basi

Setelah anda memasak, bisa jadi anak dan suami belum ingin makan, atau selera makan pada hari itu mungkin lagi kurang, efeknya masakan anda pun jadi bersisa.

Jika anda memasak makanan yang cepat basi, seperti masakan bersantan, maka makanan tersebut akan terbuang percuma.

Sebagai alternatif, untuk menghemat jika makanan tidak habis, anda bisa memasak rendang, tempe kering, pepes ikan, ayam goreng, dan sebagainya.

Anda tidak harus membuang makanan yang tersisa dan makanan tersebut masih enak untuk dinikmati di hari berikutnya.

6. Tips Irit Ibu Rumah Tangga: Jangan Sering-sering Membuka Situs Belanja Online

Membuka situs belanja online memberikan dua sisi: bisa membuat anda bisa menghemat belanjaan anda, tapi bisa juga membuat anda kalap belanja, tergantung tipe anda yang mana hehehe.

Harga barang di situs belanja online, ecommerce, atau marketplace, seperti shopee, lazada, blibli, jd.id, bukalapak, tokopedia, dan sebagainya memang lebih murah.

Dengan harga yang lebih murah, anda bisa menghemat uang belanjaan anda dibandingkan beli di mall, supermarket, atau toko offline.

Meskipun harga barang biasanya lebih murah, namun, ada efek negatifnya.

Terlalu sering membuka situs belanja online, bisa jadi akan membuat anda kalap belanja. Karena melihat harga barang yang murah-murah, anda tergoda untuk membelinya, padahal sebetulnya gak butuh-butuh amat.

So, jika ingin irit bagi ibu rumah tangga, jangan terlalu sering membuka situs belanja online, jangan tiap hari bahkan tiap detik yang dibuka shopee hehehe.

7. Cara Menyisihkan Uang Belanja Harian: Buat Amplop Tersendiri

Semakin banyak memegang uang biasanya semakin susah untuk berhemat. Jika anda menerima uang sekaligus dari suami, silakan alokasikan uang ke masing-masing amplop.

Anda bisa menyiapkan 3 buah amplop: 1 amplop untuk belanja bulanan, 1 amplop untuk belanja mingguan, dan amplop lainnya untuk belanja harian.

Atau bisa juga simpan uang anda di rekening bank untuk budget belanja mingguan dan bulanan agar tangan anda gak gatel untuk membelanjakan hehehe.

Baca: 15 Toko Online Terpercaya dan Terbaik di Indonesia.

8. Buat Rincian Pengeluaran Bulanan Rumah Tangga Dengan Detil

Pengeluaran bulanan biasanya sudah pasti, tidak bergeser terlalu jauh, sehingga mudah ditaksir berapa nilainya.

Berbeda dengan pengeluaran harian, tiba-tiba ada kondangan, ada permintaan sumbangan, ada bayaran lain anak di sekolah, dan sebagainya.

Jika rincian bulanan sudah didapatkan angka pasti, maka budget mingguan dan harian pun dapat terencanakan dengan baik.

9. Cara Menghemat Pengeluaran Bulanan: Bayar Tagihan Listrik, Token Listrik, BPJS Kesehatan, Beli Pulsa, Paket Internet, dan Sebagainya Secara Online

Untuk menghemat uang anda, terutama belanja bulanan, tagihan bulanan, anda bisa memanfaatkan berbagai marketplace yang melayani pembayaran tagihan dan pembelian pulsa dan token.

Lumayan lho, selisih 2 ribu hingga 10 ribu, apalagi kalau lagi promo bisa selisih puluhan ribu.

Saya sendiri selama ini selalu membeli token listrik dan pulsa serta paket data di shopee, karena punya koin shopee dan harga di sana juga terbilang murah.

Anda bisa memanfaatkan Aplikasi Gojek, Traveloka, Elevenia, Tokopedia, Bukalapak, Shopee, Lazada, Blibli, JD.ID, dan marketplace lain untuk membayar pengeluaran bulanan secara online.

Cukup membantuk untuk belanja lebih hemat dan lebih irit tiap bulannya.

10. Tips Hemat Belanja Ibu Rumah Tangga: Beli Keperluan Dapur di Pasar Tradisional

Jika ingin lebih hemat, belanja sayuran, lauk pauk, dan bumbu-bumbu keperluan dapur tentu lebih murah di pasar tradisional dibandingkan anda membeli di supermarket atau di mall.

Untuk menghemat biaya transportasi, anda bisa membeli barang banyak sekaligus, stok 1 minggu, kemudian simpan di kulkas.

Sesuaikan belanjaan dengan menu mingguan anda.

Jika ada belanjaan bulanan, siapkan daftar belanja bulanan ibu rumah tangga sebelum anda ke pasar tradisional.

Minggu berikutnya baru anda belanja lagi di pasar tradisional.

Nah itulah beberapa Tips Cara Menghemat Uang Belanja Dapur Sehari Hari Untuk Gaji Kecil Anda. Mudah-mudahan cara mengatur uang belanja agar tidak boros ini bermanfaat. Baca juga: Cara Belanja Menggunakan Koin Shopee.

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *