Cara Naik LRT Palembang Dari Pengalaman Pribadi

tata cara naik lrt palembang sumsel

riniisparwati.com – Tata Cara naik LRT Palembang dari Pengalaman Pribadi. LRT Palembang telah ada lebih dulu dibandingkan dengan LRT Jakarta, dan telah beroperasi sejak Asian Games lalu. Keberadaan LRT Palembang menjadi perhatian masyarakat Indonesia karena menghabiskan dana 9 trilyun rupiah lebih dan untungnya menurut saya transportasi masal ini cukup membantu mobilitas wisatawan yang datang ke Palembang.

Beberapa waktu yang lalu saya sempat mencoba naik LRT Palembang terkini, saat liburan akhir tahun di Palembang, mengunjungi berbagai tempat wisata yang ada di sana.

Ada beberapa tempat wisata di Kota Palembang yang bisa dijangkau menggunakan kereta LRT Palembang Sumatera Selatan dengan tarif yang murah banget saat itu, cuma 5 ribu rupiah.

Menurut kabar yang saya terima, tarif LRT Palembang antar stasiun cuma 5 ribu rupiah, sementara tarif LRT Palembang dari Bandara SMB sebesar 10 ribu rupiah.

Harga tiket LRT Palembang ini tentu murah banget dibandingkan tarif kereta ke Bandara lainnya, atau murah banget jika dibandingkan dengan biaya yang dihabiskan untuk membangun LRT ini.

LRT Palembang telah menjadi salah satu transportasi kekinian yang bukan cuma menjadi alat transportasi, tapi menjadi alat wisata setempat.

Bahkan, hasil ngobrol kami dengan driver Gocar di Palembang, ia punya anak yang setiap akhir pekan naik LRT dari Stasiun ke Stasiun, hanya untuk sekedar naik saja.

So, jika kalian sedang jalan-jalan ke Kota Palembang, rasanya kurang puas kalau belum mencoba naik LRT Palembang hehehe.

Tata Cara Naik LRT Palembang Sumatera Selatan

Salah satu tujuan pembangunan LRT di Palembang adalah untuk memperlancar transportasi saat Asian Games lalu.

Namun, gak berhenti di situ, LRT Palembang kini menjadi salah satu destinasi wisata dan juga transportasi masal masyarakat kota Palembang.

Dengan jadwal yang tidak terlalu lama jarak antara kereta satu dengan kereta setelahnya, naik kereta LRT Palembang terasa cukup nyaman dan cukup membantu.

Untuk anda yang belum pernah naik kereta LRT Palembang Sumsel, berikut ini urut-urutan cara naik LRT Palembang dari pengalaman pribadi saya:

  1. Kunjungi Stasiun LRT terdekat. Saat ini sudah ada 13 Stasiun LRT di Palembang, dan ke depannya bisa jadi bakalan lebih banyak stasiun LRT yang beroperasi atau di bangun lagi. Baca selengkapnya: Rute LRT Palembang.
  2. Setelah sampai di stasiun, silakan naik ke ruang pembelian tiket. Anda bisa naik lift, eskalator, atau naik tangga menuju ruang pembelian tiket.
  3. Sejatinya, per Desember 2018, pembelian tiket LRT Palembang hanya dilayani menggunakan uang elektronik seperti busway transjakarta. Namun, saat naik kemarin, saya masih bisa membeli tiket manual.
  4. Saya kemarin membeli tiket manual, dengan tarif 5 ribu rupiah dari Stasiun Ampera ke Jakabaring atau ke OPI.
  5. Saya kemudian dikasih tiket, yang ada barcodenya.
  6. Setelah mendapatkan tiket, masuk ke ruang tunggu, masih satu lantai dengan tempat beli tiket, melewati mesin tapping tiket, lalu tiket tadi discan, setelah muncul warna hijau, barulah kita bisa masuk ke ruang tunggu. Ada petugas yang membantu tapping tiket di sini.
  7. Lihat jadwal LRT Palembang di layar monitor yang ada di ruang tunggu.
  8. Beberapa saat sebelum kereta sampai di stasiun tempat keberangkatan kita, ada pengumuman lewat speaker, bahwa kereta sebentar lagi akan sampai dan kita dipersilakan naik ke peron menunggu kereta untuk kemudian masuk naik kereta LRT.
  9. Kita bisa naik ke peron menggunakan eskalator, tangga, atau lift.
  10. Setelah naik ke peron, lalu kereta datang, dan kita pun naik kereta LRT Palembang.
  11. Jalan deh kereta LRT lalu tinggal turun di stasiun tujuan kita. Ada pengumuman juga nama stasiun mana di mana kereta LRT akan berhenti.
  12. Turun dari LRT. Saat akan keluar, tiket tadi harus ditapping lagi di mesin, baru bisa keluar. So tiket jangan sampai hilang ya hehehe.

Gimana, mudah banget kan cara naik LRT Palembang Sumsel?

Ke depannya, jika tiket hanya bisa dibeli menggunakan emoney, kita tidak bisa menggunakan tiket manual lagi. Kita bisa beli dan isi ulang emoney di loket tiket.

Emoney inilah yang akan kita gunakan untuk tapping di mesin tapping saat masuk ruang tunggu.

Nah, itulah cara naik kereta LRT Palembang Sumsel dari pengalaman pribadi. Baca juga: jam operasional LRT Palembang dari Bandara Palembang.

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *