10 Tips dan Trik Belanja Harbolnas yang Murah dan Aman

Tips dan Trik Belanja Harbolnas yang Murah dan Aman

riniisparwati.com – Kapan harbolnas 2018 digelar? Yap, jadwal harbolnas 2018 telah ditentukan dan banyak toko online serta marketplace yang berpartisipasi di sana dari Shopee, Lazada, Blibli, Bukalapak, dan sebagainya, menjadikan anda mungkin tertarik dengan diskon belanja yang ditawarkan dan tergiur berbelanja banyak di hari itu. Sebelum belanja barang saat hari belanja online nasional, alangkah baiknya bagi anda untuk membaca tips dan trik belanja online harbolnas biar aman dan murah tentunya.

Baca: Jadwal Harbolnas 2018.

Hari belanja nasional 2018 sendiri agak berbeda dengan harbolnas 2017 lalu di mana tahun ini digelar dua event hari belanja nasional, dengan tema yang berbeda di kedua hari itu.

Hari pertama harbolnas diisi dengan berbagai tawaran produk lokal dari berbagai UMKM di marketplace, ecommerce, dan toko online yang ada di Indonesia dalam rangka memajukan produk lokal agar lebih dikenal oleh masyarakat Indonesia sendiri.

Selanjutnya, festival belanja online terbesar di Indonesia digelar di hari kedua Harbolnas sengan ratusan situs belanja online turut berpartisipasi memperebutkan pembeli yang ditargetkan transaksi pada harbolnas 2018 ini mencapai 7 trilyun rupiah, naik hampir dua kali lipat dibandingkan harbolnas 2017.

Berdasarkan pengalaman belanja harbolnas sebelumnya, jangan sembarangan membeli produk dengan diskon tinggi yang sebenarnya diskon tersebut bisa jadi merupakan diskon palsu, karena merupakan trik penjual saja dengan menaikan harga dan menaikkan diskon.

Oleh karena itu perlu ketelitian dan kehati-hatian, perlu tips dan trik saat belanja di harbolnas agar tidak boros dan tertipu dengan adanya diskon besar-besaran.

Tips harbolnas ini merupakan pendapat saya pribadi dan hasil membaca dari berbagai situs, sehingga jika ada yang kurang silakan ditambahkan.

Tips dan Trik Belanja Harbolnas

Harbolnas sering disebut juga sebagai hari belanja diskon indonesia oleh para pembeli di Indonesia, dikarenakan banyaknya diskon dari fashion, tiket pesawat, traveling, elektronik, hp, komputer, laptop, dan sebagainya.

Dikarenakan banyaknya diskon, maka transaksi pada hari itu pun akan sangat banyak dan bisa menyebabkan aplikasi shopee lemot, aplikasi lazada lemot, aplikasi jd.di lemot, dan aplikasi-aplikasi lainnya mungkjn bakalan susah dibuka jika penyedia aplikasi tidak menyediakan langkah-langkah pencegahan sebelumnya.

Nah untuk anda yang mau berbelanja di harbolnas tahun ini, silakan baca dulu tips dan trik belanja harbolnas di bawah ini:

1. Mulai dari sekarang, silakan riset harga dulu barang-barang yang akan anda beli, catat harganya, dan cek lagi saat harbolnas nanti

Perencanaan adalah salah satu faktor keberhasilan sesuatu. Gagal merencanakan berarti merencanakan untuk gagal.

Jika anda ingin membeli barang di harbolnas dengan harga yang benar-benar murah tidak tertipu dengan diskon palsu, maka cara mengatasinya salah satunya dengan riset harga.

Misalkan anda mau membeli hp merk xiaomi terbaru, dan ingin membeli di saat harbolnas, maka anda harus riset dulu berapa harga hp tersebut sekarang.

Saat hari belanja nasional tiba, cek lagi harganya, jika harganya sama setelah adanya diskon, berarti diskon yang ada adalah diskon palsu, tapi kalau harganya murah, silakan beli.

2. Bandingkan harga di berbagai situs belanja online dan ecommerce atau marketplace terpercaya di Indonesia lalu pilih yang harganya paling murah

Jangan terpaku dengan satu harga di satu marketpalce atau situs belanja online. Bandingkan juga harga yang ada dengan harga seller lain di marketplace yang sama, dan bandingkan juga dengan harga di marketplace lainnya.

Satu marketplace terdiri dari banyak seller, dan harganya pasti bersaing, jadi silakan bandingkan.

Setelah itu jangan lupa juga untuk membandingkan dengan harga di situs belanja online lainnya.

Baca: 15 Situs Belanja Online Terbaik di Indonesia.

3. Perhatikan biaya ogkos kirimnya, apakah gratis ongkir atau ada biaya ongkos kirim agar belanja online lebih hemat dan murah

Sebelum membeli barang, pastikan harga yang anda lihat sudah termasuk ongkos kirimnya, lalu pilih harga barang yang paling murah setelah ditambahkan dengan ongkos kirim.

Ongkos kirim mahal biasanya untuk barang-barang dengan ukuran besar atau berat yang berkilo-kilo gram seperti barang elektronik.

4. Gunakan jaringan internet sendiri, usahakan jangan gunakan warnet atau koneksi internet umum agar aman dari pencurian data

Untuk keamanan sendiri, menggunakan jaringan internet sendiri tentu lebih aman. Anda tidak perlu khawatir password akun aplikasi belanja online anda dibobol orang lain.

Semakin canggih teknologi, semakin canggih pula pencuri data. Hati-hati dengan pencurian data oleh orang lain.

5. Lihat penilaian produk yang mau dibeli agar tidak tertipu dengan harga murah padahal produk jelek

Meskipun suka berebut saat membeli barang di harbolnas, namun jangan terlalu terburu-buru juga. Anda tetap harus melihat produk yang anda beli dari pembeli sebelumnya, review reputasi toko, jangan sampai anda menjadi korban seller penipu.

6. Diskon tambahan dengan memilih metode pembayaran tertentu

Beberapa penyedia metode pembayaran biasanya juga menyediakan promo khusus di harbolnas, misalkan bayar menggunakan kartu kredit mandiri, BRI, dan sebagainya.

Silakan baca dulu berbagai promo dari bank atau penyedia pembayaran online lainnya.

7.  Pilih metode pengiriman yang paling cepat jika ada

Dari berbagai penyedia jasa ekspedisi pengiriman, pilih yang paling cepat dan yang ada fasilitas gratis ongkir, syukur-syukur bisa COD atau bayar dirumah.

8. Beli barang yang anda butuh saja jangan sampai kalap saat harbolnas

Untuk keamanan kantong anda, tentu saja beli barang yang memang anda butuhkan, jangan membeli barang asal murah tapi setelah dibeli gak dipakai sama sekali.

Kalau anda beli lalu anda jual lagi sih mending, bisa untuk bisnis hehehe.

9. Agar proses pemesanan barang cepat, masukkan dulu alamat pengiriman dan kontak agar proses pemesanan barang gak terhambat

Jika barang yang anda beli merupakan barang favorit dan direbutkan banyak orang, maka anda harus cepat dalam memesan barang sehingga masukkan dulu alamat dan kontak dari sekarang sehingga saat belanja nanti cepat dapatnya.

Anda juga harus rela bangun tengah malam karena mulai dari jam 00.00 akan ada perebutan barang murah 😀

10. Siapkan duitnya dong, nabung dari sekarang, jangan sampai pas harbolnas mau beli barang eh gak punya duit hehehe

Tips dan Trik belanja Harbolnas nomor 10 ini yang paling penting. Tanpa nomor 10 ini, tips dan trik belanja harbolnas lainnya gak ada gunanya hehehe.

Jadi, anda mau menerapkan tips dan trik belanja harbolnas manapun, kunci utamanya ya punya duit.

Jadi nabung deh dari sekarang kalau gak punya budget khusus di harbolnas nanti.

Nah kira-kira itulah 10 Tips dan Trik Belanja Harbolnas dari riniisparwati.com mudah-mudahan bermanfaat. Baca juga: Golden Ticket Shopee Untuk Apa Sih?.

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *