TK Bhakti Kesuma Sukabanjar Pesawaran Lampung

Profil TK Bhakti Kesuma

riniisparwati.com – Desa Sukabanjar punya fasilitas pendidikan dari tingkat Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Taman Kanak-kanak (TK), Sekolah Dasar (SD), hingga Sekolah Menengah Pertama (SMP). Satu-satunya TK yang ada di Desa Sukabanjar adalah TK Bhakti Kesuma, tempat anak saya sekolah sekarang.

TK Bhakti Kesuma ini masih satu yayasan dengan PAUD dan SMP yang ada di Desa Sukabanjar. Semuanya merupakan sekolah swasta yang didirikan oleh Yayasan.

TK dan SMP berada dalam satu lokasi, ada di Blok II Sukabanjar, sementara lokasi PAUD Bhakti Kesuma berada di Blok III Desa Sukabanjar.

Profil TK Bhakti Kesuma Sukabanjar

TK Bhakti Kesuma ternyata sudah cukup lama berdiri dalam memberikan kontribusi terhadap dunia pendidikan di Kabupaten Pesawaran Provinsi Lampung.

TH Bhakti Kesuma didirikan pada tahun 1984, artinya sebelum saya lahir sekolah ini sudah ada.

Sudah 33 tahun lebih TK Bhakti Kesuma ikut mencerdaskan kehidupan bangsa, sebagai salah satu tujuan utama negara ini.

Lokasi TK Bhakti Kesuma Sukabanjar

TK Bhakti Kesuma beralamat di Jalan Dalom Kesuma Ratu Desa Sukabanjar, Kecamatan Gedong Tataan, Pesawaran, Lampung.

Dari jalan raya Negeri Sakti, berjarak kurang lebih 1 km masuk ke dalam melewatai tempat wisata D’Junjungans dan kompleks Blok I/Dusun I.

Setelah jalan lurus terus masuk ke Desa Sukabanjar, nanti akan ada simpang Tugu KB. Persis di sebelah kanan, berdirilah sekolah Taman Kanak-kanak Bhakti Kesuma ini, satu Kompleks dengan SMP Bhakti Kesuma.

Ruang Kelas dan Jumlah Siswa

Ruang Kelas TK Bhakti Kesuma saat ini ada 3 kelas yang terisi siswa, dari kelas TK Nol Besar dan TK Nol Kecil.

Jumlah siswa yang masuk ke TK Bhakti Kesuma kadang satu kelas dan kadang dua kelas, tergantung jumlah warga masyarakat dari Desa Sukabanjar dan sekitarnya yang mendaftar sekolah di sini.

Jumlah siswa per kelas rata-rata 20 orang siswa.

Satu kelas biasanya didampingi oleh dua orang guru. Status guru ada yang PNS dan ada yang masih honorer.

Kepala Sekolah TK Bhakti Kesuma adalah seorang pensiunan PNS, ibu Yuniyati Junjungan, anak-anak biasa memanggilnya Oma.

Fasilitas TK

TK Bhakti Kesuma
TK Bhakti Kesuma

Fasilitas yang paling penting dari Taman Kanak-kanak adalah tempat bermain anak. Sehingga TK Bhakti Kesuma pun membangun sebuah arena mini tempat bermain siswa di depan kelas.

Anak-anak bisa bermain perosotan dan ayunan di TK Bhakti Kesuma.

Masalah dana mungkin menjadi permasalahan utama untuk mengembangkan sekolah ini, mengingat mayoritas anak-anak yang sekolah di sini merupakan anak dari keluarga menengah ke bawah.

Pungutan biaya sekolah yang terlalu tinggi tentu akan menjadi kendala tersendiri dalam menjaring siswa dari masyarakat Desa Sukabanjar.

Selain fasilitas tempat bermain, TK Bhakti Kesuma juga punya lapangan yang cukup lebar untuk kegiatan olah raga siswanya.

Biaya Pendidikan

Biaya pendidikan di TK Bhakti Kesuma disesuaikan dengan kemampuan masyarakat Desa Sukabanjar pada umumnya.

Oleh karena itu, dibandingkan dengan biaya pendidikan di TK lainnya yang ada di Lampung, tentu biaya pendidikan di TK Bhakti Kesuma Sukabanjar masih terbilang murah.

Tahun ajaran 2017/2018 ini, biaya bulanan per siswa dikenakan sebesar 45 ribu rupiah saja, sudah termasuk dapat buku dan makan bersama satu kali sebulan seluruh siswa.

Biaya seragam dan pendaftaran dikenakan sekali saat pertama kali mau masuk sekolah, Biayanya berkisar antara 400-500 ribu rupiah per siswa.

Kegiatan Sekolah

Selain kegiatan belajar di kelas, TK Bhakti Kesuma juga menggelar acara keakraban dan kebersamaan serta mengenal alam sekitar plus rekreasi seperti main ke pantai, kolam renang, dan mencoba naik kereta api dari Tanjung Karang ke Kotabumi untuk mengenalkan anak pada dunia transportasi.

Kegiatan belajar di sekolah pun tidak hanya duduk di ruang kelas. Guru juga mengajarkan senam, menghafal surat-surat pendek, mengaji, serta kegiatan menyanyi dan menggambar.

Kesimpulan

TK Bhakti Kesuma telah memberikan sumbangsih yang cukup besar dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. Sayangnya, fasilitas memang masih banyak yang perlu dikembangkan.

Karena keterbatasan dana, banyak sarana yang masih belum bisa terpenuhi.

Harapannya, pemerintah dapat memberikan bantuan untuk kemajuan TK satu-satunya di Desa Sukabanjar ini.

Demikian informasi singkat mengenai profil TK Bhakti Kesuma Sukabanjar Pesawaran Lampung. Silakan ditambahkan jika ada informasi yang kurang.

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *