arti transaksi span di rekening bri trx

Transaksi SPAN Di Rekening BRI Artinya Apa? Ini Penjelasannya

riniisparwati.com – Arti Transaksi SPAN Di Rekening BRI. Beberapa orang dari anda mungkin bingung saat menerima sms banking BRI yang isinya anda menerima uang sebesar 2,4 juta dengan keterangan Trx Rek. xxxxxxxxxxxxxx SPAN: 20200XXX:2017 xxxxxxxxxx Rp.2.400.000 xxxxx.

Mungkin anda bertanya-tanya, aku dapat sms dari bank BRI, ada dana masuk sebesar 2,4 juta, tapi setelah dcek di ATM atau internet banking atau sms banking, gak duitnya gak ada atau kosong?

Benarkah saya dapat uang 2,4 juta dari bank BRI, kok saldonya nol, gak bertambah?

Apakah uangnya ditarik kembali oleh BRI, atau dipangkas oleh oknum tertentu, atau anda mungkin ingin tahu apa itu arti trx transaki SPAN di rekening BRI anda?

Oke, mari kita bahas satu per satu ya.

Baca juga: Cara Top Up Shopeepay Di BRI.

Dapat SMS Transaksi SPAN Di Rekening BRI 2,4 Juta Tapi Saldo Kosong?

Uang 2,4 juta yang anda terima di rekening BRI itu beneran ada Bapak Ibu.

Uang itu ditransfer ke rekening bank anda oleh pemerintah.

Besarannya memang sebesar dua juta empat ratus ribu rupiah.

Uang tersebut adalah uang BLT atau uang Bantuan Langsung Tunai, yang nama programnya adalah Banpres PUM.

Jika anda belum tahu apa itu Banpres PUM, silakan baca artikel ini: Banpres PUM BRI.

Kenapa Saat Cek Di ATM Duit Saya Tidak Bertambah?

Jadi gaes, uang yang anda terima itu statusnya masih diblokir, sehingga di ATM atau internet banking, tidak akan kelihatan.

Tapi, jika anda cetak buku tabungan anda, maka akan kelihatan uang masuk sebesar 2,4 juta.

Hanya saja uang tersebut masih diblokir.

Baca juga: Eform BRI Co ID BPUM Untuk Cek Penerima Banpres.

Gimana cara buka blokirnya?

Menurut pihak BRI, untuk membuka blokir uang 2,4 juta yang anda terima dari transaksi SPAN rekening BRI tersebut, anda harus datang langsung ke Bank BRI membawa persyaratan.

Atau menunggu pihak BRI datang ke rumah anda untuk melakukan verifikasi.

Syarat Apa Saja Yang Harus Dibawa?

Bawa buku tabungan, KTP, dan surat keterangan usaha atau SKU.

Jadi, bantuan BLT di atas itu adalah bantuan untuk pelaku UMKM, sebagai bantuan permodalan.

Yang menerima bantuan di atas adalah UMKM, pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah.

Baca juga: Cara Menabung Lewat Teller BRI.

Apa Arti Transaksi SPAN Di Rekening BRI?

Jika anda perhatikan di SMS yang anda terima, anda akan melihat tulisan transaksi trx SPAN BRI.

Anda mungkin penasaran, apa itu arti transaksi SPAN di BRI.

Jadi, SPAN itu adalah singkatan dari Sistem Perbendaharaan dan Anggaran Negara.

Itu adalah sistem yang dibuat oleh Kementerian Keuangan untuk keperluan pengelolaan APBN mulai dari penganggaran hingga pelaporan keuangan.

Termasuk pencairan uang dari rekening kas negara adalah lewat sistem SPAN tersebut.

Nah, saat SPAN melakukan pembayaran ke rekening bank anda, karena diajukan oleh pemerintah, dan anda menggunakan fasilitas sms banking BRI, maka anda akan menerima notifikasi ada uang masuk berupa transaksi dari SPAN BRI.

Artinya, itu uang resmi dari kas negara yang masuk ke rekening Bank BRI anda lewat sistem yang dinamakan dengan SPAN.

Jadi uang itu memang benar-benar ada, bukan hoax, hanya saja masih diblokir.

Setelah terverifikasi, barulah blokir dibuka dan anda bisa mengambil uangnya.

Jika anda masih bingung, bisa tanya di komentar di bawah.

Baca juga: Cara Mengurus Buku Tabungan BRI Hilang.

Kesimpulan

Arti transaksi SPAN di rekening BRI adalah, anda menerima uang dari pemerintah lewat Sistem Perbendaharaan dan Anggaran Negara, salah satunya karena anda menerima bantuan modal UMKM dari pemerintah.

Silakan datang saja ke BRI membawa persyaratan yang telah saya sebutkan untuk membuka blokir.

Atau bisa juga hubungi Call Center BRI jika anda masih bingung.

Selamat ya buat anda yang menerima bantuan dari Kementerian UMKM.

Demikian penjelasan arti Transaksi SPAN di rekening BRI yang harus anda tahu. Baca juga: Besaran Storan Awal Tabungan BRI.

49 thoughts on “Transaksi SPAN Di Rekening BRI Artinya Apa? Ini Penjelasannya”

  1. Alhamdulillah saya penerima umkm,,yang mau saya tanyakan adalah persyaratan pencairannya yang harus menyertakan sku,,tetapi saya tidak mempunyai sku apakah dana itu masih bisa dicairkan?. Terimakasih

    1. Kemarin saya dapat BRI notif.
      Dapat transfer 2,4.
      Tapi tadi saya ke bank BRI. katanya datanya belum masuk. Padahal di M banking jg sudah ada laporannya telah ditransfer 2,4.

      Jadi kira2 berapa lama data masuk ke Bank BRI.
      Kata CS nya belum bisa dipastikan datanya masuk sampe berapa hari.
      ..?

      Makasih.

      1. Sebagian pegawai BRI memang masih belum berani membuka blokir bantuan UMKM dari pemerintah ini, mungkin karena petunjuk dari pusatnya kurang jelas

      1. Mau tanya kak punya saya kok ngga bisa di buka blokiranya itu kenapa ya.padahal persyaratn sudah lengkap semua terus kata pihak bri ngga bisa di buka blokirnya. Mohon infonya dong kak

        1. Bisa jadi karena tidak memenuhi syarat UMKM setelah dilakukan verifikasi oleh BRI pak. Datangin lagi aja BRInya pak agar blokirnya dibuka, siapa tahu karena mereka lupa

  2. Maaf sy dpt SMS serupa tp setelah sy cek ke BRI terdekat dan kata pihak BRI nda boleh dicairkan ,nda diproses soalx katax beda kode dgn kode pusat ..yg sy herankn koq bs beda kode sedang kan sms langsung dr BANK BRI??

  3. Maaf kami mau nanya,ap ya dana umkm bisa di cairkan ya kira2 1bln,saya kan dapat SMS dari BRI tgl 25,kemarin tgl 28 saya ke BRI,katanya dana baru bisa di cairkan 1bln,katanya masih di blokir,benarkah itu ka

    1. Bisa jadi begitu kak, karna kalau 3 bulan gak diambil maka akan dikembalikan lagi ke pemerintah. Harusnya sih 7 hari kerja sudah bisa cair

  4. Allhamdullilah sy jg dapat sms seperti di atas pd tgl 18 september karena memang sy pelaku umkm, sudah sy verifikasi ke bank bri sdh tanda tangan di atas materai dan di foto jg tp sampai saat ini dana tsb masih di blokir jg ada yg bisa kasih tau knp demikian…!!

    1. SMS dihapus gak masalah bu, cetak rekening koran saja ke BRI lalu bawa persyaratan yang dibutuhkan agar blokirnya dibuka. Kalau sms resmi dari BRI, bukan hoax bu

  5. Maaf kak, ikut nanya. Td sore sy jg dapat sms notif seperti itu dr BRI. Tp ada yg bilang, kalau mempunyai pinjaman di Bank, tidak bisa cair. Benarkah begitu?

  6. Alhamdulillah saya penerima umkm… yg saya mau tanyakan saya langsung datang ke BRI aja ??? Untuk persyaratan sudah lengkap.!

  7. Saya mau tanya kemaren dapet notif SPAN.
    trus saya cek ke bri katanya dana belom ada.(saat di cek mutasi)
    Itu gimana ya?
    Harus nunggu berapa hari lagi baru bisa.

    1. Dana masih diblokir di rekening bank. Coba pakai internet banking kak, cek lewat Ibanking, atau datang 1 minggu lagi bawa persyaratan

  8. Saya mau tanya? Saya sudah melakukan perifikasi ke bank bri setelah mendapatkan sms itu, tapi masih harus nunggu 5 hari, apa kemungkinan bisa cair??

    1. Desi asna marliana

      Aku udah dpt sms span dri bri 10hari yg lalu.aku ke bank trus kata pegawai ny nunggu sms dri bri lagi.tapi sampe skrg blm ada kejelasan ny

      1. Banyak juga yang mengalami kesulitan ya bu saat mau membuka blokir. Program Bantuan UMKM ini kayaknya gak jelas banget, tidak ada informasi pasti dari orang BRInya

  9. Saya sudah satu bulanan kok nggk cair ya, padahal sudah di telpon dri pihak bank dan serahkan dokumen yg di minta, kenapa ya ?

  10. Min…..bagaimana dengan masalah seperti yang saya alami hari ini.
    Kemarin pada tanggal 09 Oktober 2020 saya mendapat SMS notifikasi dari Bank BRI mengenai transaksi SPAN.
    Hari ini saya sudah melakukan prosedur untuk proses pencairan dengan membawa persyaratan sperti KTP, Buku Tabungan, Serta ATM nya.
    Tpi pada saat stelah saya melakukan konfirmasi, Cs nya mengatakan kalau Pihak BAnk sebagai penyalur tidak dapat membuka blokiran bantuan saya. Itu kenapa ya min?

    1. harusnya sih bisa bu, setelah membawa persyaratan tersebut. Mungkin orang BRInya gak berani buka blokir atau mereka belum dapat arahan dari BRI pusatnya

  11. Saya mau nanya.saya udh lengkapi data ke bank BRi .ktanya cair sore atau besok.tapi smpai skrg blm ada .dn saya tnya lg ktanya sttus saya masih MB thanan pusat.itu kira2 kapan ya uang nya masuk kerekening saya .

    1. biasanya 7 hari kerja sudah terbuka blokirnya. Datangin lagi aja BRInya pak, siapa tahu dengan didatangin jadi cepat dan ketahuan apa masalahnya

          1. Kalau atas nama orang lain bukan atas nama kakak berarti yang dapat orang lain sehingga kakak tidak bisa mencairkannya

  12. aq juga notif dari bri juga setelah saya datangi kata cs status saya masih mb masih belum hg itu maksud nya gimana y kak,kata nya masih menunhgu tlp dari bri tapi sudah 2 minggu saya tunggu g ada tlp takut nya klo semakin lama nanti d ambil balik sama pemerintah mohon pencerahan nya kak

    1. Datangin lagi aja kak BRInya, kadang-kadang orang BRI emang gitu. Datangin aja sampai cair kalau memang kakak memenuhi syarat, kalau didatangi terus juga nanti mereka bakalan buka blokirnya

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *