Bandar Lampung Masuk Provinsi Mana? Cek Peta dan Keterangannya Di Sini

Bandar Lampung Masuk Provinsi Mana

riniisparwati.com – Bandar Lampung masuk Provinsi mana? Berapa sih jumlah provinsi di Indonesia saat ini? Buat kamu yang masih sekolah, mungkin punya PR atau pertanyaan dari guru sekolah tentang kota Bandar Lampung Indonesia apakah ada di Sumatera Selatan atau justru ikut wilayah lain.

Kota Bandar Lampung juga sering disalah sebut dengan kota Lampung, padahal antara Bandar Lampung dan Lampung adalah hal yang berbeda.

Bahkan ada juga yang menyebutnya Lampung Sumatera Selatan.

Berbicara tentang Lampung dan Bandar Lampung, kalau kamu anak sekolah yang masih belajar geografi Indonesia, maka sudah selayaknya tahu Bandar Lampung masuk provinsi mana dan di mana lokasinya berdasarkan peta Indonesia.

Peta Bandar Lampung Indonesia

Belajar mengawang-awang tanpa ada gambar biasanya susah diingat, berbeda jika belajar dengan dilengkapi visual, biasanya akan lebih mudah mengingat.

Nah, jika kamu pengin tahu lokasi Bandar Lampung masuk ke Provinsi mana, maka akan saya tunjukkan gambar peta Bandar Lampung Indonesia, supaya kamu bisa menyimpulkan sendiri Bandar Lampung itu masuk ke wilayah Provinsi mana.

Dengan melihat peta secara langsung, harapan saya, kamu juga jadi bisa lebih mudah saat menghafal nama-nama Provinsi yang ada di Pulau Sumatera seperti Provinsi Lampung, Jambi, Sumatera Selatan, Bengkulu, Riau, Kepualuan Riau, dan Provinsi lainnya.

Berikut ini peta kota Bandar Lampung biar tahu Bandar Lampung masuk Sumatra mana:

Untuk lebih jelas, kamu bisa membesarkan atau mengecilkan gambar dengan mengklik tombol + dan – dari peta di atas, untuk melihat lokasi Bandar Lampung secara detil.

Nah, Sudah Kelihatan Kan Kota Bandar Lampung Masuk Provinsi Mana?

Yap, betul banget, Kota Bandar Lampung masuk ke wilayah Provinsi Lampung. Jadi jangan salah sebut ya dengan mengatakan Bandar Lampung masuk ke Provinsi Sumatera Selatan.

Dulu, Lampung ini memang satu Provinsi dengan Sumatera Selatan, tapi sekarang sudah berdiri sendiri menjadi sebuah Provinsi dengan nama Provinsi Lampung.

Lalu, Lampung Sumatra Mana?

Sekali lagi perlu ditegaskan, jika pertanyaannya masuk Provinsi Sumatera Mana, maka jawabannya bukan Sumatera mana, tapi Lampung merupakan sebuah provinsi tersendiri, Provinsi Lampung.

Secara geografis, Lampung terletak di Sumatera bagian paling selatan sendiri, berbatasan dengan Selat Sunda, kemudian menyeberang dan sampailah ke Jakarta dan Banten.

Jadi, Provinsi paling selatan di Pulau Sumatera bukan Sumatera Selatan, tapi Lampung. Mudah-mudahan paham ya.

Bandar Lampung adalah Ibu Kota Provinsi Lampung

Bandar Lampung dan Lampung adalah dua hal yang berbeda. Bandar Lampung adalah sebuah kotamadya yang ada di Provinsi Lampung.

Selain sebagai kotamadya, Kota Bandar Lampung juga ditetapkan sebagai ibu kota Provinsi Lampung.

Saat ini kantor Gubernur Lampung berada di Kota Bandar Lampung, yang dulunya bernama Tanjung Karang dan Teluk Betung.

Pusat pemerintahan kantor-kantor Dinas Provinsi Lampung ada di Kota Bandar Lampung.

Kantor DPRD Provinsi Lampung juga ada di Kota Bandar Lampung.

Bisa jadi, setelah Kota Baru nanti jadi, kantor pemerintah Provinsi Lampung akan dipindahkan ke Kota Baru, tidak berada lagi di Tanjung Karang dan Teluk Betung Bandar Lampung.

Kota Bandar Lampung berbatasan dengan Lampung Selatan di Sebelah Selatan, timur, dan sebelah Utara, serta berbatasan dengan Pesawaran di sebelah Timur.

Di Provinsi Lampung, ada tempat wisata paling terkenal, yaitu Taman Nasional Way Kambas di Lampung Timur, dengan waktu tempuh sekitar 3 jam perjalanan dari Kota Bandar Lampung.

Dari sekian banyak Provinsi di Sumatera, Lampung adalah yang paling dekat dengan pulau Jawa, dengan suku asli Suku Lampung baik Sai Batin maupun Papadun, dan bahasa asli bahasa Lampung dengan keragaman budaya dan adatnya, gak kalah dengan Provinsi Makassar.

Tidak ada Bandara di Bandar Lampung, karena bandar udara Interasional Radin Inten II berada di daerah Natar Lamsel.

Nah, itulah beberapa ulasan seputar kota Bandar Lampung dan menjawab pertanyaan Bandar Lampung Masuk Provinsi Mana? Baca juga: Restoran murah di Lampung.

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *