Cara Mengambil Barang Di JNE Terdekat Langsung Dengan Resi & KTP

Mau Mengambil Barang Di Warehouse Atau Kantor JNE? Ini Caranya

riniisparwati.com – JNE merupakan salah satu jasa pengiriman paket atau barang antar kota antar Provinsi di Indonesia dengan layanannya JNE OK, JNE Reg, JNE YES dan jenis ekspedisi lainnya. Dikarenakan banyaknya paket yang dikirim, ada kalanya barang yang dikirim oleh JNE tidak kunjung sampai, lama sampainya, yang bisa dikarenakan salah alamat, barang hilang, atau tidak sampai dengan alasan lainnya.

JNE sendiri pada dasarnya akan mengirimkan paket anda sampai ke rumah anda. Barang paket JNE akan dikirimkan oleh kurir ke alamat tujuan yang tertulis di paket.

JNE juga biasa menjadi kurir yang mengantarkan paket jasa pengiriman aCommerce.

Meskipun demikian, jika anda ingin mengambil sendiri paket anda di agen atau kantor JNE terdekat, itu juga dimungkinkan.

Misalkan perkiraan barang akan sampai 3 hari ke depan, sementara anda pada saat itu akan pergi sehingga tidak ada di rumah dan mau nitip sama tetangga gak enak.

Maka anda bisa konfirmasi ke customer service JNE, atau lewat agen JNE, agar barang nanti anda ambil sendiri saja.

Namun, komunikasi anda harus jelas sehingga tidak ada kesalah pahaman.

Mengapa Harus Ambil Paket JNE Sendiri Secara Langsung Ke Agen atau Warehouse JNE?

Seperti telah saya sebutkan di atas, SOP Standar dari TIKI JNE adalah, barang akan dikirimkan oleh kurir ke alamat pengiriman yang tertera di paket.

Jadi, pada dasarnya, anda tidak perlu mengambil barang sendiri ke JNE terdekat atau di warehouse JNE.

Namun, jika anda merasa bahwa anda ingin mengambil paket sendiri, maka JNE pun tidak melarang.

Beberapa alasan mengapa orang ingin mengambil paket sendiri di JNE secara langsung tanpa kurir di antaranya:

  1. Barang terlalu lama sampai, sedangkan posisi barang saat di tracking atau dilacak sudah ada di gudang atau warehouse JNE. Penerima paket bisa mengambil sendiri biar lebih cepat.
  2. Barang salah alamat saat dikirim, bisa karena pengirim salah menulis alamat, atau si kurir salah membaca alamat. Biar lebih cepat, ambil paket sendiri saja ke JNE.
  3. Barang baru mau dikirim esok harinya, sementara esok anda akan pergi lama sampai berhari-hari atau berminggu-minggu. Sementara posisi barang sudah di gudang JNE di kota anda, jadi anda ambil saja sekarang biar besok bisa pergi.
  4. Paket overload sehingga lama dikirim dari gudang, akan lebih cepat jika ambil barang sendiri.

Syarat Mengambil Paket Sendiri Di JNE Secara Langsung Karena Barang Tidak Sampai, Lama, atau Salah Alamat dan Sebab Lain

Jika anda mau mengambil paket sendiri di warehouse JNE terdekat, ini dokumen syarat yang harus anda bawa:

1. Nomor Resi Pengiriman

Nomor resi JNE ini selain berguna untuk melacak status pesanan JNE apakah sudah with delivery courier, not time delivery, dan status lainnya, juga berguna untuk mencari barang di gudang JNE.

Dengan adanya nomor resi, nanti bisa dicocokan data barang yang dikirim dengan data penerima setelah paket ditemukan digudang.

Nomor resi ini nantinya juga berguna banget untuk mengetahui paket anda sudah ada di kantor cabang JNE regional mana, apakah dekat rumah anda, di kota anda, atau di mana.

2. KTP atau kartu identitas si penerima

Anda juga harus membawa KTP anda yang menunjukkan nama dan alamat anda. Jika tidak ada KTP, bisa gunakan SIM atau kartu identitas berfoto lainnya seperti passpor yang menandakan anda adalah si penerima.

Jika pengambilan paket langsung anda ditolak, maka kurir tetap akan mengirimkan barang ke alamat anda.

3. Surat kuasa jika tidak diambil oleh anda sendiri

Ada kalanya, agen JNE di kota anda, memberikan persyaratan tambahan, paket anda bisa diambilkan dengan membawa surat kuasa, selain KTP penerima tadi.

Namun silakan komunikasikan dulu kepada agen kantor cabang JNE di kota anda, beda cabang bisa beda kebijakan.

Yang Harus Dilakukan Sebelum Ambil Barang di Kantor Cabang JNE

Sebelum anda datang, pastikan dulu status pesanan anda tidak with delivery courier. Karena jika sudah status ini, itu artinya barang sedang dibawa oleh kurir JNE.

Posisi barang tidak di warehouse JNE terdekat lagi.

Anda datang ke sana pun tidak akan menerima barang anda. Yang bisa anda lakukan kalau mau jemput sendiri, anda telepon kurirnya lalu anda samperin.

Selain cek posisi, anda jug hendaknya hubungi call center atau customer service JNE, atau hubungi nomor telepon JNE kantor cabang terdekat anda.

Tujuannya, agar jika esok anda ke sana, barang tidak dibawa sama kurir, tetap ditinggal di sana, dan juga untuk memastikan anda harus mengambil di warehouse, kantor cabang, atau di agen JNE mana.

Cara Mengambil Barang Di JNE Sendiri Secara Langsung

Setelah anda menelepon atau menghubungi CS JNE, dengan menyebutkan nomor resi JNE anda, maka anda sudah dapat alamat di mana harus mengambil paket anda.

Setelah itu, silakan datang ke kantor atau cabang atau gudang JNE tersebut sesuai informasi yang anda dapat.

Jika anda ada di Jakarta, kunjungi warehouse JNE Jakarta, jika di Bandung, cari JNE Bandung, dan begitu juga kota lainnya.

Bawa persyaratan secara lengkap, jangan sampai ketinggalan

Perhatikan juga jam buka JNE yang mau anda kunjungi, apakah buka 24 jam, atau buka dari jam 8 pagi sampai jam 12 malam, atau buka sampai jam 10 malam saja, atau apakah cuma buka sampai hari Sabtu dan Minggu tutup.

Kalau di Bandar Lampung sendiri, kantor cabang JNE Bandar Lampung tetap buka di hari Minggu.

Jika sudah lengkap semua, sampai ke tempat, tanya kepada petugas JNE yang ada di sana, bilang mau ambil paket.

Jelaskan kronologi yang terjadi.

Apakah mengambil barang di JNE bayar? Jika paket sebelumnya belum dibayar, maka anda harus bayar. Namun kalau sudah dibayar sama pengirim, ya gak perlu bayar lagi.

Setelah barang siap, anda diharuskan menandatangani formulir penerimaan barang dan setelah itu silakan bawa pulang.

Ketentuan tersebut di atas bisa jadi tidak terlalu berbeda dengan saat anda mengambil sendiri paket J&T serta sicepat di kantor atau di gudang.

Tanpa KTP dan Nomor Resi, Anda Akan Kesulitan Menemukan Paket Anda

Dua dokumen ini diperlukan banget saat anda mengambil paket anda.

Nomor resi bisa anda dapatkan dari si pengirim, sementara KTP anda bisa diganti dengan SIM atau kartu identitas lainnya.

Mengambil barang di JNE tanpa ktp dan nomor resi, berpotensi besar ditolak oleh pihak JNE. Mau di Surabaya kek, Malang kek, atau di Lampung, biasanya gak bisa, kecuali pegawainya kita kenal hehehe.

Nah, kurang lebih itulah prosedur tata cara mengambil barang di JNE baik paket trucking, Reg, express, atau paket lainnya. Baca juga: Lama Pengiriman Paket aCommerce.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *