Ongkos Kirim Pengembalian Barang Shopee Ditanggung Siapa

Ongkos Kirim Pengembalian Barang Shopee Ditanggung Siapa?

riniisparwati.com – Saat berbelanja di shopee, membeli barang yang diinginkan, ada kalanya barang yang dikirimkan ternyata tidak sesuai dengan pesanan baik ukuran warna maupun merknya, atau ketidaksesuaian lainnya. Jika anda punya pengalaman buruk seperti ini, tentunya anda akan mengajukan pengembalian barang di shopee dengan ongkos kirim yang sering jadi pertanyaan, siapa yang menanggung ongkir pengembalian produk di shopee?

Prosedur retur barang shopee sebenarnya sudah diatur oleh shopee, mengenai bagaimana cara mengembalian barang, siapa yang menanggung ongkos kirim pengembalian barang di shopee, bagaimana cara mengatasi sengketa permasalahan, dan sebagainya.

Namun demikian, informasi cara mengajukan pengembalian barang shopee dan biaya pengirimannya mungkin dituliskan terpisah-pisah sehingga kurang terintegrasi.

Oleh karena itu, pada kesempatan ini saya ingin mengumpulkan informasi cara menukar barang di shopee atau mengajukan pengembalian produk yang telah dibeli di shopee dan barang sudah diterima.

Sebelum Membahas Prosedur Retur Barang di Shopee, Anda Harus Melakukan Ini Pada Saat Barang Pesanan Anda Diterima

Sebelum anda belanja di toko atau seller yang ada di shopee, baca dulu dengan teliti ketentuan yang berlaku dari seller.

Biasanya ada seller yang mensyaratkan, jika warna barang yang dipesan habis, akan diganti dengan warna lain sesuai dengan yang tersedia.

Atau ketentuan ukuran produk, baca dengan teliti, kadang ukuran satu dengan lainnya gak sama meskipun sama-sama L, sama sama M, XL, dan sebagainya.

Setelah setuju dengan syarat yang ada, barulah silakan belanja di toko tersebut.

Saat anda memesan barang di shopee, barang sudah dibayar dan kemudian sudah dikirimkan ke alamat anda, lalu anda terima, anda harus melakukan prosedur berikut:

  1. Dokumentasikan dari produk anda terima sampai produk anda buka baik berupa foto atau video. Gunanya dokumentasi ini adalah sebagai bukti pengaduan saat pengajuan pengembalian barang.
  2. Jangan buka label produk untuk produk yang ada labelnya. Jika label produk sudah dibuka,
  3. Jangan klik Pesanan Sudah Diterima, karena jika sudah klik tombol ini maka anda tidak bisa mengajukan pengembalian barang dan pengembalian dana. Klik Tombol ini hanya jika anda sudah yakin barang yang anda terima tidak cacat dan sesuai dengan deskripsi produk dan sesuai dengan pesanan anda.
  4. Teliti produk yang sudah anda terima, silakan dites terutama untuk barang elektronik, dan pastikan barang dalam keadaan baik.
  5. Perpanjang masa garansi produk jika perlu.
  6. JIka barang cacat, tidak sesuai dengan deskripsi produk di shopee, atau barang pesanan tidak sesuai dengan yang dipesan, silakan ajukan pengembalian barang dan pengembalian dana atau bisa juga minta seller untuk menukar barang yang telah dikirim dan anda terima.

Nah, jika anda mengajukan pengembalian barang di shopee, maka selanjutnya anda harus tahu siapa yang menanggung ongkos kirim retur barang di shopee.

Siapa Yang Menanggung Biaya Ongkos Kirim Pengembalian Barang Shopee?

Untuk menjawab pertanyaan ini, anda harus tahu, bahwa saat anda membeli barang di shopee, anda bisa membeli kepada seller shopee atau bisa juga membeli kepada shopee langsung atau ShopeeMall.

Hal ini memberikan perlakuan beda pada saat anda mengajukan pengembalian barang.

Jika anda membeli barang ke shopee Mall, ongkir pengembalian barang gratis (ditanggung shopee) untuk pengiriman lewat Pos Kilat Khusus.

Jika anda belanja di shopee Mall, barang anda akan dilengkapi dengan label pengembalian barang shopee yang bisa anda gunakan untuk pengajuan pengembalian produk.

Jika anda tidak mendapatkan label tersebut, anda bisa mendapatkannya di form di sini.

Sedangkan jika memesan produk di luar shopee mall, biaya pengiriman barang ditentukan antara kesepakatan penjual dan pembeli, atau ditentukan oleh shopee jika tidak ada kesepakatan

Untuk mengajukan pengembalian produk, anda harus mengisi formulir pengembalian barang shopee, dan anda juga harus komunikasi lewat chat dengan seller untuk mencapai kesepakatan.

Biasanya sih ujung-ujungnya pembeli yang harus menanggung ongkos kirim pengembalian, produk, kecuali seller setuju dia yang menanggung biaya ongkir.

Jika tidak ada kesepakatan, biaya ongkir akan ditentukan oleh shopee tanpa bisa diganggu gugat.

Setelah barang dikembalikan, kemudian uang anda pun akan dikembalian kepada anda lewat shopeepay jika anda membayar pesanan anda lewat transfer bank, virtual account, indomaret, dan alfamart.

Proses pengembalian dana shopee pun dilakukan jika pengembalian barang telah selesai, barang diterima seller dan seller konfirmasi ke shopee.

Kurang lebih itulah prosedur singkat retur barang di shopee serta ketentuan siapa yang menanggung biaya ongkos kirim pengembalian barang shopee. Baca juga: Cara Mengisi Saldo Shopee Pay.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *