tempat wisata di gisting lampung

5 Tempat Wisata di Gisting Lampung Menarik, Hits, dan Kekinian

riniisparwati.com – Gisting adalah salah satu kecamatan di Kabupaten Tanggamus Lampung, yang lokasinya tidak jauh dari Talang Padang dan berada di kaki Gunung Tanggamus. Dengan hawa udara yang terbilang sejuk, dilengkapi dengan fasilitas hotel, anda bisa mengunjungi beberapa tempat wisata di Gisting Lampung baik bersama keluarga maupun sendirian.

Tempat wisata di Gisting Lampung lebih banyak dibandingkan dengan tempat wisata di Talang Padang, namun jelas kalah dibandingkan dengan pantai di Kota Agung, dengan deretan pantainya yang cukup panjang.

Tidak terlalu banyak memang obyek wisata di Gisting Lampung, namun dari beberapa tempat rekreasi yang ada, cukup menjadi hiburan bagi masyarakat Gisting dan sekitarnya.

Dengan waktu tempuh sekitar 2 jam menggunakan kendaraan umum dari Bandar Lampung, Gisting dan Kota Agung Tanggamus bisa menjadi salah satu alternatif destinasi liburan anda di Lampung, dengan akses yang cukup mudah.

Dari Terminal Rajabasa, ada bus jurusan Rajabasa Kota Agung dan ada juga yang sampai ke Wonosobo dan Sedayu, yang siap mengantarkan anda jalan-jalan liburan mengeksplore berbagai tempat wisata baru di Lampung.

Sebagian dari anda, mungkin ada yang masih bingung, Tanggamus masuk ke Lampung mana.

Tanggamus adalah sebuah kabupaten tersendiri, yang dulunya masuk ke wilayah Lampung Selatan, tapi sudah memisahkan diri menjadi kabupaten tersendiri.

Tanggamus selama ini lebih dikenal dengan wisata Teluk Kiluan, Air Terjun Way Lalaan, Pendakian Gunung Tanggamus, dan sederet pantai lainnya.

Nah, untuk memperluas wawasan wisata anda, kali ini saya ingin menyajikan daftar tempat wisata di Gisting Lampung, kecamatan di mana saya dibesarkan dan sekolah dari MTs hingga Madrasah Aliyah.

Daftar Tempat Wisata di Gisting Lampung yang Menarik untuk Dikunjungi

Tetangga dari Kabupaten Pringsewu, yaitu Kabupaten Tanggamus, punya destinasi wisata lengkap, dari air terjun, pegunungan, pantai, hingga kolam renang.

Salah satu tempat paling ramai di Kabupaten Tanggamus adalah Gisting, yang memiliki cukup banyak penginapan dan pasar, lebih ramai dibandingkan dengan ibu kota Tanggamus, Kota Agung.

Berbagai air terjun ada di kabupaten ini dari air terjun batu lapis, lembah pelangi, dan puluhan air terjun lainnya yang bisa anda eksplore.

Jika anda sedang liburan di Gisting, dan bingung mau ke mana, berikut ini beberapa destinasi wisata di Gisting Lampung yang bisa anda kunjungi:

1. Kolam Renang Butterfly, tempat bermain favorit anak di Gisting Lampung

Gisting bukan daerah pantai sehingga tidak ada wisata pantai di Gisting. Berada di daerah dataran tinggi, dengan udara yang sejuk, membuat orang agak males kalau mau mandi hehehe.

Meskipun demikian bukan berarti di Gisting tidak ada kolam renang.

Salah satu kolam renang paling dikenal di daerah Gisting adalah kolam renang Butterfly ini yang berada di Pekon Gisting Atas, dari jalan raya masuk sekitar 1 km.

Ada plang papan nama menuju lokasi wisata jika anda akan ke sana.

Harga tiket masuknya cukup murah, sekitar 15 ribu rupiah saja.

2. Bukit Idaman, tempat nongkrong anak muda Gisting Lampung dengan pemandangan Gunung Tanggamus yang hits dan kekinian

tempat wisata di gisting tanggamus lampung
tempat wisata di gisting tanggamus lampung, Bukit Idaman

Tempat wisata di Gisting Lampung selanjutnya ada Bukit Idaman, yang lokasinya terletak sebelum Kolam Renang Butterfly, masuk ke arah kiri mengikuti papan penunjuk jalan.

Harga tiket masuknya cukup murah, cuma 5 ribu rupiah saja untuk motor.

Tempat ini asyik buat bermain anak, nongkrong di sore hari, bermain layang-layang, dan aktivitas lainnya.

Baca selengkapnya: Bukit Idaman Gisting Lampung.

3. Dam Margo Tirto, wisata air dengan fasilitas utama bebek-bebekan atau sepeda air

Destinasi wisata di Gisting, Dam Margo Tirto, berada di Pekon Gisting Bawah, sebelum Rumah Sakit ambil arah ke kanan, sekitar beberapa ratus meter dari jalan raya.

Tiket masuknya gratis.

Bayar saat sewa sepeda air saja, berkeliling naik bebek-bebekan bareng anak.

Tempat wisata ini memang lebih friendly buat bermain anak.

Tersedia toilet, kolam renang kecil, dan warung-warung jajan di Dam Gisting ini.

4. Rest Area Taman Gisting, tempat nongkrong asyik sekaligus menikmati kuliner dan olah raga

foto rest area taman gisting tanggamus lampung
foto rest area taman gisting tanggamus lampung

Rest Area Taman Gisting dilengkapi dengan berbagai permainan anak seperti sewa mobil-mobilan, sewa scooter, becak, dan sebagainya.

Tersedia juga fasilitas olah raga berupa alat fitnes, memanjat tebing, dan lapangan.

Rest Area Taman Gisting juga asyik untuk tempat nongkrong, apalagi di akhir pekan, sambil menikmati sajian kuliner dan secangkir kopi.

Rest Area Gisting ini memang ramai dikunjungi di sore hingga malam hari di akhir pekan.

Tempat ini juga seirng dipakai untuk menggelar event tertentu.

5. Taman Pemandian Way Bekhak, tempat hunting foto yang bagus dan instagramable

Pemandian Way Bekhak sebenarnya bukan berada di Kecamatan Gisting melainkan di Gunung Alip. Namun, karena dekat dengan Gisting, maka saya masukan ke tempat wisata yang ada di Gisting Lampung.

Keistimewaan dari tempat wisata ini adalah airnya yang jernih, sejuk, dan alami banget, langsung keluar dari sumber mata air di situ.

Biasa digunakan untuk mandi warga setempat, bahkan dimanfaatkan juga untuk masak dan mencuci.

Pemandian Way Bekhak merupakan salah satu keajaiban Tuhan yang ada di Tanggamus Lampung.

Dari jalan raya cuma beberapa ratus meter saja sehingga bisa ditempuh dengan kendaraan umum dari kota Bandar Lampung lalu jalan kaki sebentar.

Nah, itu dia beberapa tempat wisata di Gisting Lampung yang menarik untuk dikunjungi. Baca juga: 10 Tempat Wisata di Lampung yang Kekinian.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *