Waktu Terbaik Pemeriksaan Rahim Dengan USG ke Dokter Kandungan

waktu terbaik pemeriksaan rahim dengan usg ke dokter kandungan

riniisparwati.com – Waktu Terbaik Pemeriksaan Rahim Dengan USG. Saat kita konsultasi ke dokter spesialis kandungan, terkait dengan program kehamilan, biasanya dokter akan melakukan proses USG Rahim apakah sehat atau ada kelainan, dengan biaya USG rahim yang tentu bervariatif tergantung jenisnya apakah USG 3D atau 4D, atau di tempat praktik dokter yang mana kita periksa. USG untuk mengetahui kondisi rahim ini penting, dan ternyata untuk USG rahim terkait program kehamilan pun ternyata harus memilih waktu yang tepat lho, tidak bisa sembarangan.

Jadi, ceritanya, hari Sabtu 28 Juli 2018 kemarin saya baru saja konsultasi masalah kehamilan ke salah satu dokter spesialis kandungan perempuan di Bandar Lampung, dr. Fonda, yang buka praktik di Klinik Barokah Medika, sekitar 8 km dari rumah saya di Sukabanjar.

Karena saya pengin konsultasi ke dokter kandungan perempuan, dan kebetulan yang paling dekat dari rumah yang saya tahu adalah dokter Fonda ini, maka saya dengan dibonceng suami sekalian ngantar anak sekolah, kemudian pergi ke Klinik Barokah Medika Bandar Lampung.

Di hari Sabtu, dokter Fonda buka praktik dari pukul 08.00 pagi menurut jadwal yang saya baca.

Saya datang ke Klinik Barokah Medika pukul setengah 8 lewat, sudah sampai di lokasi.

Kondisi klinik masih sepi, meskipun tidak dikunci.

Petugas yang jaga mengatur antrian, mencatat data pasien, dan menerima pembayaran belum datang pagi itu.

Jadilah saya dan suami duduk-duduk di ruangan sambil menunggu petugas piket menerima antrian.

Jam 8 lewat barulah yang piket datang, saya pun langsung mengambil nomor antrian.

Saat ambil nomor antrian, lalu saya dikasih tahu kalau dokternya baru bisa datang sekitar jam 9an. Wah ternyata molor juga dari jadwal praktik yang dipajang 😀

Mungkin karena dr Fonda masih punya anak kecil jadi agak sibuk ngurus anak dulu, positif thinking aja.

Nah, pada saat ambil nomor antrian itulah saya dikasih tahu mengenai waktu terbaik buat pemeriksaan rahim dengan USG saat mau program kehamilan.

Waktu Terbaik Pemeriksaan Rahim dengan USG adalah Pada saat menstruasi hari ke-2 atau hari ke-3

Nah, saya baru tahu kala ternyata saat paling tepat untuk datang ke dokter kandungan dan melakukan pemeriksaan rahim dengan USG adalah saat lagi haid hari kedua atau ketiga.

Saya pikir, akan lebih baik kalau sudah selesai haid baru periksa kesehatan rahim ke dokter kandungan, ternyata salah.

Kurang baca jadinya kayak gini hehehe.

USG rahim saat menstruasi ternyata malah memberikan hasil maksimal dibandingkan saat sudah selesai haid atau pada masa subur.

Hasil pemeriksaan usg rahim sehat atau normal bakalan lebih jelas saat hari kedua halangan atau hari ketiga.

Karena sudah kepalang tanggung datang, dan gak masalah meskipun saya datang tidak pada waktu terbaik untuk pemeriksaan rahim dengan USG, saya tetap melanjutkan pendaftaran pemeriksaan USG.

Sambil menunggu dokter datang, saya bareng suami pun kemudian nyari sarapan dulu, makan lontong sayur depan Bakso Wahyu langganan kami.

Selesai sarapan, gak lama kemudian dokter Fonda datang dan saya pun kemudian dipanggil.

Begitu masuk ke dalam kondisi rahim saya kemudian dicek menggunakan USG dan hasilnya alhamdulillah katanya sehat tidak ada masalah

Karena saya cek kondisi rahim saat dalam masa subur, maka dokter tidak memberikan obat penyubur.

Dokter Fonda juga kembali menjelaskan bahwa waktu paling pas kalau mau periksa rahim menggunakan USG adalah saat haid hari kedua ketiga.

Dijelaskanlah olek dokter Fonda alasannya mengapa harus cek USG rahim saat menstruasi secara singkat menggunakan alat peraga.

Selanjutnya direkomendasikan agar pada masa subur ini dianjurkan agar kami rajin-rajin “berusaha” dalam program kehamilan, satu hari berhubunga dua hari libur lalu berhubungan lagi dan dua hari libur. Begitu seterusnya.

Jika nanti ternyata usaha kami belum membuahkan hasil kehamilan juga, kami disuruh periksa saat haid hari kedua atau ketiga, lalu akan dikasih obat penyubur.

Jika sudah usaha pakai obat penyubur dan dua bulan belum hamil, langkah selanjutnya disarankan untuk cek HSG dan cek Spe*ma suami di laboratorium.

Setelah penjelasan singkat dari dokter Fonda, kami pun kemudian keluar dari ruangan dokter dan kemudian bayar biaya cek kesehatan rahim sama petugas piket sebelumnya.

Nah, dari pengalaman saya ini, saya cuma mau berbagi, buat anda yang mau konsultasi kehamilan dan cek kesehatan rahim, datanglah saat haid hari kedua ketiga, karena waktu terbaik pemeriksaan rahim dengan USG adalah pada saat tersebut. Baca juga: Jadwal Praktik Dokter Anak di Bandar Lampung.

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *