Belanja Di Shopee Lama Sampai Ini Cara Melacak Dan Sebabnya

Belanja Di Shopee Lama Sampai? Ini Cara Melacak Dan Sebabnya

riniisparwati.com – Pernah punya pengalaman belanja di shopee lama sampainya? Nah, saya mau berbagi pengalaman juga nih, mengenali waktu pengiriman di shopee yang lama, cara melacak posisi barang, dan beberapa kemungkinan penyebab mengapa belanja di shopee pengirimannya lama sampainya baik via JNE, J&T, Pos Indonesia, atau jasa kurir expedisi lainnya.

Mengenai Belanja Di Shopee berapa lama sampainya, tentu tidak bisa digeneralisir antara satu daerah dengan daerah yang lain. Berbeda daerah, berbeda pula waktu lama pengiriman produk yang dipesan di shopee.

Untuk mengetahui waktu lamanya pengiriman barang pesanan di shopee, shopee sendiri sudah menyediakan fitur cara melacak pesanan di shopee sehingga posisi barang sudah sampai di mana, bisa kita ketahui dari aplikasi shopee.

Shopee juga memberlakukan ketentuan, jika proses pengemasan di shopee lebih dari 3 hari maka pesanan akan dibatalkan otomatis oleh shopee sehingga nantinya uang akan masuk ke akun shopeepay kita.

Oleh karena itu ada baiknya juga setelah belanja, kemudian pesanan sudah dibayar, untuk menghubungi seller shopee agar pesanan segera dikirim.

Jika dalam dua hari barang belum dikirimkan juga oleh penjual, hubungi lagi si seller apakah barang benar-benar sudah dikirim.

Jika barang ternyata kosong, anda bisa mengajukan refund dana dan pesanan akan dibatalkan. Jika barang ada, minta penjual agar segera mengirim barang anda sehingga belanja di shopee tidak lama sampainya.

Suami saya sendiri pernah punya pengalaman buruk belanja di shopee, mengalami penipuan, tapi bukan terkait pengiriman barang yang lama.

Ada seller penipu di shopee waktu itu yang mencoba menipu kami.

Baca: Penipuan di Shopee.

Kembali ke soal belanja di shopee lama sampai, berikut ini saya tuliskan beberapa hal yang saya dapatkan dari pengalaman saya belanja di shopee entah sudah ke berapa kalinya.

Penyebab Belanja Di Shopee Lama Sampai

Setelah kita memesan barang di shopee, selanjutnya kita harus membayarnya, dan kemudian pembayaran kita pun akan terkonfirmasi. Bisa dikonfirmasi otomatis atau harus kontirmasi manual.

Baca: Konfirmasi Pembayaran Otomatis Shopee

Setelah pembayaran dikonfirmasi, seller pun akan mendapat notifikasi barang harus segera dikirim, lalu status barang masuk ke kolom sedang dikemas.

Setelah barang dikemas, barang pun akan dikirim oleh seller ke alamat yang kita masukkan di shopee saat belanja.

Nah, terkadang, pengiriman barang di shopee ini lama sampainya ke alamat rumah kita. Lalu apa penyebabnya?

1. Barang di shopee lama sampai karena alamat pengiriman yang jauh dari alamat seller/penjual

Sebagai gambaran, begini: seller shopee berlokasi di Aceh, sementara anda lokasinya di Semarang misalkan.

Waktu pengirimannya tentu bakalan lebih lama dibandingkan jika seller lokasinya di Jakarta, bukan di Aceh.

Atau seller sama-sama di Jakarta, tapi pembeli A alamat pengiriman ke Papua, sementara pembeli B alamat pengiriman ke Lampung.

Barang di shopee yang dikirim ke Lampung biasanya lebih cepat dibandingkan ke Papua karena lokasi seller di Jakarta, lebih dekat ke Lampung.

Jadi, lokasi seller dan lokasi pembeli sangat menentukan lama tidaknya barang sampai saat pesan produk di shopee.

Hal ini saya buktikan saat saya beli barang dari Batam dan dari Jakarta atau dari Jawa Timur. Barang dari Jakarta paling cepat sampai, biasanya 3 hari atau 4 hari barang sudah sampai.

Untuk pembeli di Jakarta dan seller juga ada di Jakarta, selain menggunakan jasa pengiriman GoSend dari Gojek, bisa juga memanfaatkan kurir Shopee Express sehingga lebih cepat.

2. Seller lama mengirim barang membuat barang tambah lama sampai

Setelah pembayaran pesanan di shopee terkonfirmasi, idealnya penjual langsung mengirim barang saat itu juga, tidak menunda-nunda.

Namun, ada kalanya seller lama mengirim barang, karena beberapa alasan:

  • seller merupakan dropshipper di shopee sehingga yang mengirim sebenarnya bukan si seller, tapi supplier tempat seller dropship barangnya.
  • seller kehabisan stok barang sehingga menunggu barang tersedia kembali.
  • seller sedang sibuk atau ada urusan lain.
  • atau alasan lainnya mengapa barang di shopee lama dikirim

3. Overload di bandara atau jasa kirim expedisi

Beberapa alasan lain yang diungkapkan mengapa barang di shopee lama sampai adalah karena adanya overload di bandara seperti saat lebaran Idul Fitri atau Tahun Baru kemarin.

Terlalu banyaknya barang yang akan dikirim menyebabkan bandara kelebihan muatan barang, sehingga membuat antrian lebih lama dan barang pun lebih lama sampai.

4. Alamat pengiriman yang tidak jelas menghambat pengiriman barang shopee

Alamat pengiriman yang tidak jelas juga dapat menghambat barang di shopee jadi lama sampai. Oleh karena itu, tulis alamat sejelas mungkin sampai ke kode pos yang benar agar memudahkan sortir barang.

Kesalahan menuliskan kode pos, apalagi digit pertama, bisa membuat barang nyasar ke kota lain.

Nomor HP yang dicantumkan juga dapat membantu kurir untuk menemukan lokasi anda.

5. Seller penipu

Alasan selanjutnya mengapa barang di shopee lama sampai adalah karena si seller sebenarnya adalah penipu. Bukan hanya lama sampai, bisa jadi barang sama sekali tidak dikirimkan oleh si seller.

Nah, itulah beberapa penyebab kenapa barang di shopee lama diterima oleh pembeli. Ada tambahan?

Cara Melacak Pesanan di Shopee

Shopee sudah menyediakan menu khusus untuk melacak resi shopee baik kirim pesanan shopee via JNE maupun J&T atau jasa ekspedisi lain.

Cek resi JNE shopee juga bisa dilakukan lewat aplikasi JNE, begitu juga untuk J&T.

Untuk mengecek status pesanan di shopee, cukup lakukan:

  • buka aplikasi shopee
  • pilih menu saya di kanan bawah
  • pilih menu Dikirim.
  • Klik nama barang yang dipesan.

    cara melacak resi pesanan di shopee sudah sampai mana
    cara melacak resi pesanan di shopee sudah sampai mana
  • scroll ke bawah, di tulisan Status Pengiriman, klik Lacak >
  • Akan keluar posisi barang sudah di mana, apakah masih di kota penjual atau sudah dikirim ke alamat anda atau bahkan sudah diterima.

Jika ada status jne delivered tapi barang belum sampai, jangan klik Konfirmasi Pesanan Sudah Diterima. Klik Perpanjang Masa Garansi dan segera adukan ke customer service shopee.

Atau status barang masih juga sedang dikemas shopee ajukan juga perpanjangan masa garansi, hubungi seller agar barang dikirim, atau hubungi CS Shopee.

Jika masa pengemasan shopee habis, harusnya barang dibatalkan otomatis oleh sistem shopee.

Untuk barang di shopee pengiriman dari luar negeri, waktu pengiriman barang mungkin akan lebih lama.

Nah, itu saja beberapa uraian tentang Penyebab Belanja Di Shopee Lama Sampai Beserta Cara Melacak Pesanan Sudah Sampai Di Mana. Baca juga: Panduan Belanja di Shopee untuk Pemula.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *