Apa Pembatalan Otomatis Shopee Itu? Ini Pengalaman Saya

Apa Pembatalan Otomatis Shopee Itu Ini Pengalaman Saya

riniisparwati.com – Saat belanja barang di shopee, ada istilah pembatalan otomatis oleh shopee. Pembatalan otomatos shopee ini merupakan pembatalan pesanan yang dilakukan by sistem, bukan diajukan oleh pembeli atau penjual. Jika penjual membatalkan pesanan di shopee atau pembeli mengajukan cancel pesanan di shopee, istilah yang dipakai bukan pembatalan otomatis di shopee.

Saya sendiri pernah punya pengalaman pesanan saya dibatalkan secara otomatis oleh shopee, dan kemudian uang pun di kembalikan ke akun shopeepay saya, jadi uang di shopee gak hilang.

Pengembalian dana dilakukan secara otomatis oleh sistem shopee dikarenakan pesanan dibatalkan secara otomatis oleh shopee.

Jika pembatalan pesanan dilakukan secara manual oleh penjual atau oleh pembeli, maka proses pengajuan pengembalian dana jadi lebih panjang dan butuh waktu yang sedikit lebih lama.

Pengajuan pembatalan shopee secara manual sendiri bisa dilakukan baik barang sudah dibayar maupun belum dibayar.

Cara membatalkan pesanan di shopee yang belum dibayar justru malah mudah banget, karena jika dalam batas waktu pembayaran shopee selama 24 jam, pesanan belum dibayar, maka pesanan juga otomatis akan dibatalkan.

Berbeda halnya dengan membatalkan pesanan di shopee yang sudah dibayar atau sudah di transfer, jika penjual menolak pembatalan shopee, maka shopee yang akan menentukan nanti apakah pesanan disetujui untuk dibatalkan atau tidak bisa dibatalkan.

Oleh karena itu, untuk membatalkan pesanan di shopee yang sudah di transfer, anda perlu menghubungi seller terlebih dahulu agar seller menyetujui pembatalan pesanan anda.

Beberapa Sebab Pembatalan Otomatis Oleh Shopee

Setelah kita membayar pesanan di shopee dan pembayaran terkonfirmasi, status pesanan akan berubah menjadi sedang dikemas shopee.

Selanjutnya barang akan dikemas, dikirim, dan sampai ke alamat rumah kita.

Namun, ada kalanya dalam proses belanja di shopee, ada kendala sehingga akhirnya pesanan pun dibatalkan otomatis oleh sistem shopee.

Beberapa alasan mengapa pesanan dibatalkan otomatis oleh shopee di antaranya karena:

1. Pesanan barang di shopee belum dibayar melewati batas waktu pembayaran shopee

Jika kita memesan barang di shopee lalu dalam batas waktu pembayaran, tidak kita bayar juga, maka secara otomatis pesanan akan dibatalkan.

Baca: Batas Waktu Pembayaran Shopee.

Jika tidak ingin pesanan dibatalkan dan gagal bayar, maka bayarlah maksimal sebelum 24 jam dari waktu pemesanan barang.

2. Pesanan dibatalkan secara otomatis karena transaksi gagal

Pengalaman ini saya alami saat saya membeli pulsa IM3 di Shopee. Setelah saya bayar, pembayaran terkonfirmasi, lalu tiba-tiba pesanan saya dibatalkan.

Saya melakukan pesanan pulsa sebanyak 3 kali untuk nomor hp yang sama dan semuanya gagal.

Rupanya pulsa tidak bisa terisi ke nomor yang bersangkutan sehingga pesanan saya dibatalkan oleh shopee.

Uang pun pada saat itu juga masuk ke akun shopeepay saya, tidak butuh waktu berhari-hari.

3. Pesanan dibatalkan karena penjual tidak kunjung mengirim barang pesanan di shopee

Setelah pesanan dibayar, terkonfirmasi, seller harus segera mengemas barangnya dan kemudian mengirimkan barang tersebut kepada pembeli.

Biasanya waktu pengemasan adalah 3 hari.

Setelah lewat 3 hari dan barang yang dikemas belum juga dikirimkan oleh seller, maka pesanan biasanya akan dibatalkan secara otomatis.

Oleh karena itu, penjual hendaknya menginput nomor resi pengiriman pesanan di shopee sebelum waktu 3 hari agar pesanan tidak dibatalkan.

Dan ada juga penjual yang curang, agar pesanan tidak dibatalkan, memasukkan nomor resi palsu, tujuannya agar pesanan tidak dibatalkan, padahal barang belum dikirim karena kehabisan stock atau alasan lainnya.

4. Penjual tidak login ke aplikasi shopee selama 7 hari sejak pembayaran oleh pembeli berhasil

Menurut keterangan dari shopee, jika penjual dalam kurun waktu 7 hari sejak barang dibayar oleh pembeli, tidak login ke aplikasi, maka pesanan juga akan dibatalkan secara otomatis.

Kesimpulan

Nah, kurang lebih itulah beberapa alasan mengapa pesanan secara otomatis akan dibatalkan oleh shopee. Jika ada permasalahan selama belanja, jangan sungkan untuk komplain ke customer service shopee.

Anda bisa menghubunginya via live chat.

Atau bisa juga mengubungi nomor call center shopee.

Untuk anda yang belanja di shopee bayar lewat Indomaret, pengembalian dana shopee lewat indomaret akan dilakukan lewat shopeepay. Jadi uang akan masuk ke shopeepay, bukan di Indomaret tempat anda membayar.

Berapa hari pengembalian dana di shopee? Biasanya sih satu dua hari sudah sampai ke akun shopeepay sejak pembatalan pesanan disetujui.

Saat pembatalan pesanan disetujui, pengembalian koin shopee yang digunakan untuk belanja juga dilakukan, sehingga koin shopee anda akan bertambah kembali.

Demikian informasi Apa Pembatalan Otomatis Shopee Itu dari pengalaman saya pribadi. Baca juga: cara melacak pesanan di shopee.

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *