Cara Melihat Melacak Status Resi Pesanan Di Shopee

Cara Melihat Melacak Status Resi Pesanan Di Shopee

riniisparwati.com – Selamat datang pelanggan shopee, kali ini kita akan membahas Cara Melihat atau Melacak Status Resi Pesanan Di Shopee sampai barang datang. Saat berbelanja di shopee, setelah pembayaran terkonfirmasi, status barang kemudian masuk ke tahap sedang dikemas, setelah itu akan masuk ke menu kirim setelah seller menginput nomor resi pengiriman baik J&T, JNE, Pos, Shopee Express dan sebagainya. Kita pun bisa melacak status resi pesanan shopee lewat aplikasi shopee. Melacak pesanan di shopee hanya bisa dilakukan jika nomor resi sudah diinput oleh penjual.

Salah satu kelebihan dari berbelanja online di marketplace, salah satunya shopee, adalah kemudahan dalam melihat resi di shopee, lalu melacak status pesanan sudah sampai di mana barang yang kita pesan.

Mengecek status pesanan di shopee sendiri menurut saya cukup penting, karena dari situ kita bisa tahu barang pesanan kita sudah sampai di mana dan kapan kira-kira barang akan sampai ke alamat rumah kita.

Takutnya, saat pesanan shopee diantar oleh kurir JNE, J&T atau jasa ekspedisi lainnya kita sedang tidak ada di rumah.

Dengan melacak resi shopee, kita juga bisa menanyakan kepada seller kenapa barang pesanan kita lama sampai, meskipun terkadang alasannya klasik: jasa pengiriman sedang overload.

Lama pengiriman shopee sendiri dipengaruhi oleh banyak faktor, salah satunya adalah jarak antara penjual dan pembeli.

Semakin dekat jarak pengiriman barang, harusnya barang semakin cepat sampai.

Contoh, jika saya beli barang yang penjualnya beralamat di Jakarta, barangnya akan lebih cepat sampai, dibandingkan saya pesan barang di mana alamat seller shopee berada di Batam.

Dalam 3 hari biasanya barang sudah sampai jika saya beli barang di seller shopee Jakarta.

Jadi berapa lama pengiriman shopee, itu sangat tergantung dari lokasi seller dan lokasi pembeli. Jika barang berasal dari luar negeri, tentu membutuhkan waktu lebih lama lagi pengirimannya.

Meskipun barang berasal dari luar negeri, kita juga masih tetap bisa melacak pesanan di aplikasi shopee, barang pesanan kita sudah terkirim sampai di mana.

Baca: Gratis Hadiah By Shopee Serba 10 Ribu

Cara Melihat Resi dan Melacak Status Pesanan di Shopee yang Mudah Banget

Setelah pembayaran pesanan di shopee kita lakukan, konfirmasi pembayaran di shopee sudah terverifikasi, kita harus mengecek status pesanan di shopee apakah barang yang kita beli masih dikemas oleh seller shopee, barang sudah dikirim, barang sudah diterima atau barang dibatalkan oleh seller karena alasan barang habis dan alasan lainnya.

Jika status pesanan di shopee sedang dikirim, maka kita bisa mengecek atau melacak resi pengiriman barang di shopee.

Jika dalam dua hari status pesanan barang masih juga dalam pengemasan shopee, maka kita harus menghubungi seller lewat chat di aplikasi shopee, mengapa barang belum juga dikirimkan oleh penjual.

Kejadian ini pernah saya alami.

Saat pesanan saya sudah dua hari masih juga dalam status “dalam pengemasan”, saya langsung menghubungi seller shopee untuk menanyakan mengapa barang pesanan saya masih juga dalam kemasan.

Seller pun kemudian menjawab chat saya, dan ternyata hal tersebut diakibatkan si seller lupa menginput nomor resi pengiriman di aplikasi shopee.

Jika seller lupa atau tidak menginput nomor resi pengiriman barang, maka status pesanan kita masih tetap “sedang dikemas”.

Setelah nomor resi dimasukkan, barulah terlihat barang yang saya pesan sudah sampai mana. Di sini kita bisa melacak apakah pesanan masih di pusat pemrosesan shopee, atau sudah dikirim, atau sudah sampai.

Berikut ini cara melacak resi pengiriman pesanan di shopee selengkapnya:

  • buka aplikasi shopee
  • login menggunakan username dan password yang benar jika belum masuk ke akun shopee
  • klik menu “Saya” di aplikasi shopee sebelah kanan bawah

    cara melacak status pesanan di shopee
    cara melacak status pesanan di shopee
  • di Belanjaan Saya, klik menu “Dikirim”.
  • klik nama barang yang sedang dikirim

    cara mengecek pesanan di shopee
    cara mengecek pesanan di shopee
  • scroll ke bawah, sampai ke bagian Status Pengiriman, klik LACAK>

    Cara Melihat Melacak Status Resi Pesanan Di Shopee
    Cara Melacak Pesanan Di Shopee
  • Di sini kita bisa melihat riwayat pengiriman barang pesanan kita di shopee, dan posisi barang sudah sampai di mana.

    cara melihat nomor resi pesanan di shopee
    cara melihat nomor resi pesanan di shopee

Gimana, cukup mudah kan melacak pesanan di shopee?

Jika barang sudah diterima, status pesanan nanti bukan “Dikirim” lagi tapi “Selesai”. Jika barang ternyata belum diterima, segera ajukan perpanjangan masa garansi, jangan klik “Pesanan Sudah Diterima”.

Setelah itu hubungi seller mengapa barang belum diterima, dan jika seller menipu, ajukan pengembalian dana.

Cara melihat nomor resi pesanan di shopee

Selain mengecek status pengiriman pesanan di shopee, kita juga bisa melihat nomor resi pengiriman barang kita menggunakan jasa ekspedisi yang dipilih.

Dari menu di atas, kita bisa melihat nomor resi di Status Pengiriman Barang. Sebagai contoh, di atas tertulis JNE REG 010180025994xxx.

Setelah mendapatkan nomor resi tersebut, kita bisa mengecek juga resi pesanan lewat situs resmi JNE jika barang dikirim lewat JNE, atau lewat situs J&T jika barang dikirim via J&T, atau lewat situs Pos Indonesia jika barang dikirim lewat pos.

Kesimpulan

Shopee sudah menyediakan fitur untuk melacak status pesanan dan pengiriman barang sehingga kita tidak perlu repot-repot mengecek lewat situs jasa pengiriman yang digunakan.

Cukup buka aplikasi shopee dan dari situ status pengiriman barang pun dapat terlacak.

Demikian artikel singkat mengenai Cara Melihat Melacak Status Resi Pesanan Di Shopee mudah-mudahan bermanfaat. Baca juga: Cara Belanja di Shopee Sampai Barang Datang.

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *