Beli Tiket Kereta Api Online Bisa Di Shopee, Begini Caranya

Beli Tiket Kereta Api Online Bisa Di Shopee, Begini Caranya

riniisparwati.com – Cara beli tiket kereta di shopee. Bagi anda yang mau mudik, kini tidak perlu pusing lagi saat mau memesan tiket kereta api secara online. Selain memesan tiket kereta via KAI Access, kini makin banyak aplikasi booking tiket kereta seperti traveloka, tiket.com, pegipegi, jd.id, blibli, dan tentu saja sekarang sudah ada shopee yang secara resmi menyediakan menu pemesanan tiket kereta online juga.

Cara memesan tiket kereta api di shopee tidak jauh berbeda dengan pemesanan tiket kereta api di aplikasi dan situs reservasi tiket lainnya.

Yang paling penting sebelum memesan tiket kereta api online, tentu saja harus menyiapkan uang untuk membayar tiket kereta api yang sudah dipesan hehehe.

Kalau punya duit kan, mau berapapun harga kereta api yang akan dibeli, gak akan bingung 😀

Nah, selain mempunyai uang untuk membayar tiket kereta api, sebelum membeli tiket kereta api, ada beberapa persyaratan juga yang perlu disiapkan.

Persyaratan beli tiket kereta api online yang harus disiapkan di antaranya:

  • EKTP atau Dokumen pengganti EKTP jika akan membeli tiket kereta tanpa KTP, seperti SIM, Ijazah, dan sebagainya.
  • Nomor HP yang masih aktif.
  • alamat email yang masih aktif.

Beberapa persyaratan tersebut nantinya dipakai untuk diinput di aplikasi shopee saat memesan tiket kereta di shopee.

Tiket kereta api saat ini hanya bisa dipakai oleh orang yang namanya tertera di tiket. Kemudian saat mau boarding, masuk ke stasiun, ke ruang tunggu, setiap penumpang juga diminta untuk menunjukkan kartu identitas bergambar.

Kartu identitas tersebut digunakan untuk mencocokan antara nama penumpang di tiket dengan kartu identitas yang dipunya.

Tujuannya agar tiket kereta api tidak digunakan oleh orang lain sehingga meminimalisir adanya praktik calo yang dulu sangat marak sebelum restukturisasi tiket kereta api secara besar-besaran.

Cek Jadwal dan Harga Kereta Api Via Aplikasi Shopee

Untuk merencakan mudik atau liburan, aplikasi shopee juga bisa digunakan untuk mengecek dulu berapa harga tiket kereta api yang akan anda gunakan.

Misalkan anda mau jalan-jalan dari Lampung ke Palembang naik kereta api, anda bisa merencanakan dengan mengecek dulu berapa harga tiket kereta api Lampung Palembang.

Selain itu, anda juga bisa mengecek jadwal kereta api di aplikasi shopee sehingga anda juga bisa membuat daftar itinerary wisata yang akan anda kunjungi selama liburan di tempat tujuan.

Dengan adanya aplikasi shopee ini, selain memudahkan anda yang mau beli tiket kereta api secara online, juga memudahkan untuk mengecek jadwal keberangkatan kereta api, waktu sampai, dan juga harga tiket kereta api baik di hari raya lebaran, libur panjang, weekend, atau hari biasa.

Merencanakan mudik atau jalan-jalan ke tempat wisata di suatu kota pun jadi makin mudah, apalagi shopee juga makin ke sini makin lengkap, menjual tiket masuk tempat wisata juga seperti Traveloka.

Cara Beli Tiket Kereta Api Online di Shopee

Dulu kami terkadang membeli tiket kereta api online di Indomaret serta Alfamart sebelum mengenal adanya aplikasi pemesanan tiket kereta api secara online.

Atau dulu anda mungkin terbiasa membeli tiket kereta api langsung di stasiun, baik lewat calo atau secara resmi di loket tiket.

Kini, tiket kereta api ekonomi, bisnis, eksekutif, bisa dipesan secara online di berbagai situs reservasi tiket yang ada di Indonesia.

Mencari tiket kereta api tambahan saat lebaran pun jadi lebih praktis, meskipun harus berebut juga dengan pembeli yang lain.

Nah, jika anda memutuskan ingin mencoba, biar punya pengalaman beli tiket kereta api di shopee, berikut ini langkah-langkahnya:

  • buka aplikasi shopee. saya coba lewat website shopee belum ada menunya.
  • login menggunakan username dan password shopee yang benar.
  • Setelah itu, di halaman homepage shopee, pilih menu “Produk Digital
    Beli Tiket Kereta Api Online Bisa Di Shopee, Begini Caranya
    Beli Tiket Kereta Api Online Bisa Di Shopee, Begini Caranya

    cara pesan tiket kereta api via shopee
    cara pesan tiket kereta api via shopee
  • Scroll ke bawah, cari sub menu ” Tiket Kereta Api “.
  • isi asal keberangkatan, tujuan, tanggal keberangkatan, dan jumlah tiket yang mau dibeli baik untuk bayi (infant) maupun dewasa.
  • klik cari.
  • muncul berbagai pilihan nama kereta, jadwal, dan harga, silakan pilih yang paling cocok.
  • masukkan kontak pemesan: nama lengkap, alamat email, no telepon.
  • masukkan data penumpang: nama lengka, identitas, dan nomor identitas.
  • pilih kursi.
  • Konfirmasi pesanan.
  • Selesaikan pesanan, dengan memilih metode pembayaran, dan setelah itu pun muncul kode pembayaran.
  • Silakan bayar pesanan tiket kereta api anda di shopee, bisa lewat atm, internet banking, kartu kredit, atau bisa juga di indomaret dan alfamart.
  • setelah pembayaran terkonfirmasi, silakan catat atau simpan kode booking untuk anda gunakan saat mencetak tiket boarding pass di mesin counter check in di stasiun keberangkatan.

Nah, kurang lebih itulah langkah-langkah cara beli tiket kereta di shopee. Daftar harga tiket kereta api di shopee sama saja dengan di aplikasi lain, yang membedakan biasanya promo yang berlaku.

Tiket kereta api jakarta bandung pun bisa dipesan di shopee juga.

Gimana, pengin mencoba membeli tiket kereta api online di shopee juga? Baca juga: 10 Rekomendasi Toko Baju Di Shopee untuk Anda.

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *