Cara Beli Barang Di Shopee Bayar Ditempat (Panduan Lengkap)

Cara Beli Barang Di Shopee Bayar Ditempat (Panduan Lengkap)

Shopee Bayar Di Tempat – Salah satu situs belanja online yang bisa bayar ditempat atau COD adalah Shopee yang baru-baru ini mengiklankan tentang eksistensi COD mereka di Televisi. Jika sebelumnya Lazada menjadi toko online favorit untuk belanja online bayar di tempat, kini shopee telah memanjakan pelangganya dengan menyediakan metode pembayaran COD Shopee J&T. So, sekarang kita bisa beli barang di shopee dengan metode pembayaran di tempat atau di rumah.

Sebelumnya, COD Shopee menggunakan layanan jasa pengiriman JNE, namun saat saya membuat artikel ini, untuk mengaktifkan COD di Shopee, jasa kirim yang mendukung adalah J&T.

Beli barang di shopee bayar ditempat sendiri tentunya lebih baik dari sisi keamanan dibandingkan pembayaran shopee di Indoamaret, Alfamart, ATM, atau metode pembayaran lainnya.

Dengan memanfaatkan layanan shopee bayar ditempat, kita hanya membayar pesanan di shopee setelah barang tersebut sampai ke alamat rumah kita.

Jadi pengertian belanja COD Shopee adalah uang kita bayarkan pada saat kurir mengantarkan barang ke rumah. Begitu kurir sampai, barang kita terima, dan saat itu kita membayar uang kepada kurir J&T (atau jasa pengiriman lain yang mendukung COD SHopee).

Pembayaran COD Shopee, Apakah Masih Perlu Bayar Ongkos Kirim Ke Kurir?

Seperti pernah saya tuliskan sebelumnya mengenai ketentuan free ongkir di shopee, untuk mendapatkan gratis ongkir di shopee, salah satu syaratnya adalah belanja dengan minimal nilai belanjaan tertentu, ada yang 50 ribu, 90 ribu, 120 ribu, atau 150 ribu, baru bisa dapat free ongkir.

Nah, saat anda belanja di toko shopee yang mendukung pembayaran menggunakan COD atau bayar dirumah, dan anda memenuhi persyaratan gratis ongkir, maka anda pun mendapatkan free ongkir tersebut.

Sebagai contoh, anda belanja senilai 200 ribu, maka anda akan mendapatkan gratis ongkir dari shopee.

Jika harga barang tersebut 200 ribu, lalu saat check out pilih metode pembayaran COD, dan dapat gratis ongkir, maka uang yang harus anda serahkan ke kurir adalah sebesar 200 ribu rupiah tadi saat barang anda terima.

Tidak ada biaya ongkos kirim tambahan yang harus anda bayar.

Kecuali biaya ongkos kirim lebih dari 20 ribu (melebihi nilai maksimal ongkos kirim di shopee), maka anda harus membayar selisih ongkos kirim dengan subsidi ongkir shopee.

Misal, ongkos kirim menggunakan J&T dari Batam ke Lampung 40 ribu rupiah, maka saya harus membayar sendiri biaya ongkir sebesar 20 ribu rupiah.

NIlai ongkos kirim yang ditanggung akan muncul di aplikasi shopee saat membuat pesanan dan akan ditambahkan ke harga barang.

Dari contoh di atas, saat klik buat pesanan, maka tagihan dari shopee akan muncul 220.000, dan inilah yang kita bayar ke kurir kalau kena ongkir.

Cara Beli Barang Di Shopee Bayar Di Tempat

Sistem COD di Shopee memberikan pilihan beragam bagi pembeli untuk memilih metode pembayaran yang termudah.

Saat penjual atau toko di shopee mengaktifkan COD, maka kita bisa berbelanja di toko tersebut menggunakan metode COD.

COD shopee bagi penjual tidak merugikan, sama saja dengan belanja bayar pakai transfer, karena uang sama-sama masuk ke rekening penjual saat pembeli mengkonfirmasi pesanan sudah diterima.

Nah, bagi anda pemula yang belum pernah mencoba beli barang di shopee bayar di tempat, baca panduannya berikut ini.

Cara COD di Shopee:

  • buka aplikasi shopee.
  • cari barang yang mau anda beli.
  • setelah ketemu pilih barang tersebut.
  • barang dan toko yang mendukung COD, akan ada keterangan mendukung COD.
  • Anda bisa juga menemukan barang apa saja yang tersedia dengan metode pembayaran COD dengan memfilter barang, klik filter di kanan atas di aplikasi shopee, lalu pilih COD. Dari situs shopee juga bisa filter COD seperti berikut.

    cara cod di shopee terbaru
    cara cod di shopee terbaru
  • Bisa juga dengan mengklik menu COD atau Bayar Di Tempat di Homepage Aplikasi Shopee.
  • akan muncul semua barang yang mendukung COD.
  • masukkan barang ke keranjang belanja, lalu check out, isi alamat dan data pengiriman, lalu pilih METODE PEMBAYARAN COD. Ini yang penting banget.
  • Setelah itu buat pesanan.
  • Selesai.
  • Barang akan dikirimkan oleh kurir ke rumah anda.
  • Saat barang datang, silakan terima barang tersebut dan bayar uang kepada kurir sejumlah yang tertera di aplikasi shopee. Kalau mau ngasih tip sama kurir juga boleh hehehe.
  • Nah, jika ada barang yang cacat atau kurang, anda tidak bisa langsung mengembalikan barang ke kurir. Andat tetap harus bayar dan barang harus diterima.
  • Setelah itu, ajukan komplain ke penjual, dan adukan juga ke customer service shopee. Jika deal, penjual akan mengirim kekurangan barang atau mengganti barang.
  • Jika tidak deal, lakukan pembatalan pesanan di shopee, lalu lakukan proses pengembalian baru sesuai dengan ketentuan dari shopee.
  • Jangan klik pesanan sudah diterima jika ada permasalahan barang yang anda terima.

Jadi, sistem cod shopee untuk penjual sendiri hampir sama dengan belanja lewat transfer ke rekening shopee, virtual account, dan atau bayar lewat indomaret dan alfamart.

Uang akan diterima penjual setelah pembeli mengklik Pesanan Sudah Diterima.

Cara beli barang di shopee bayar di tempat tentu lebih mudah dibandingkan membayar via ATM, karena anda butuh pergi keluar rumah untuk bayar.

Pembayaran COD Shopee lebih simpel bagi yang tidak mau keluar rumah hanya untuk membayar pesanan di shopee.

Lama Pengiriman Shopee Bayar Ditempat

Berapa lama beli barang di shopee bayar di tempat hingga sampai ke rumah, tergantung sama kecepatan seller mengirimkan barang dan juga jauh dekatnya lokasi pengiriman.

Berbelanja di shopee bayar di tempat sebenarnya tidak berpengaruh ke penjual secara significant sehingga harusnya seller mengirimkan barang secepatnya.

Dengan adanya belanja online di shopee bayar di tempat semestinya bisa menaikkan omset karena makin banyak orang yang tertarik untuk belanja di shopee.

Anda juga tentunya bisa membandingkan nantinya, lebih enakan mana, COD di Shopee J&T atau COD Bukalapak, Tokopedia, Lazada, Blibli, Sorabel, dan marketplace lainnya.

Baca Juga: Panduan Lengkap Belanja Di Shopee Bagi Pemula Sampai Barang Datang.

Kota-kota Yang Mendukung COD Di Shopee

Kota mana saja di Indonesia yang mendukung COD di Shopee bisa dilihat selengkapnya di Aplikasi Shopee dengan mengklik menu COD di halaman depan aplikasi shopee.

Untuk tujuan pengiriman ke Jakarta, mendukung COD.

Lihat juga ketentuan minimal belanja agar bisa COD di Shopee.

Demikian panduan lengkap mengenai Cara Beli Barang Di Shopee Bayar Ditempat (COD). Baca juga: Pengalaman Beli HP di JD.ID.

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *