Tarif Tol Lampung Bakauheni Terbanggi Besar Berapa Sih?

tarif tol lampung bakauheni terbanggi besar

riniisparwati.com – Info Tarif Tol Lampung Bakauheni Terbanggi Besar. Kabar gembira bagi pemudik yang ingin menggunakan layanan Jalan Tol Trans Sumatera atau JTTS, dengan jalur Lampung Palembang dan mungkin bakalan lanjut sampai ke Aceh, bahwa kabarnya mulai 22 Desember 2018, Tol Lampung dari Bakauheni ke Terbanggi Besar sudah bisa digunakan untuk mudik natal dan tahun baru.

Untuk anda yang mau mudik ke Lampung, Palembang, dan sekitarnya menggunakan jalur darat dan lalut membawa kendaraan pribadi, waktu perjalanan anda bakalan lebih singkat dengan keberadaan jalan tol yang sudah jadi, yaitu tol Bakauheni sampai ke Terbanggi Besar.

Jalan tol ini diklaim sudah selesai 90% pada saat mudik natal dan tahun baru 2019.

Berdasarkan informasi dari Huta Karya Utama, mulai 22 Desember 2018 anda sudah bisa menggunakan jalan tol dengan rute Bakauheni ke Terbanggi Besar karena jalan tol dinilai layak oleh tim pemeriksa.

Gubernur Lampung beserta jajaran polisi beberapa hari sebelumnya telah mencoba rute tol Bakauheni Terbanggi Besar ini dan hasilnya sudah layak untuk dilewati.

Dengan demikian, anda pun bakalan lebih mudah saat menggunakan kendaraan pribadi melewati jalan tol Lampung rute Bakauheni Lampung Selatan ke Terbanggibesar Lampung Tengah.

Sebelum beroperasinya tol Bakauheni Terbanggibesar ini, tol Lampung juga sebelumnya telah beroperasi untuk rute yang lebih pendek yaitu ke Sidomulyo dan Kotabaru.

Baca juga: 10 Tempat Wisata Kekinian di Lampung.

Tarif Tol Lampung Dari Bakauheni ke Terbanggi Besar Masih Gratis di Akhir Tahun 2018 dan Awal Tahun 2019

Untuk anda yang mau mudik membawa kendaraan pribadi dan ingin mencoba jalan tol Lampung yang baru, anda bisa menikmatinya tanpa tarif tol alias gratis.

Hal ini dikarenakan SK mengenai tarif tol Lampung Palembang memang belum disetujui oleh Kementerian PUPR.

Tarif jalan tol Trans Sumatera memang merupakan kewenangan dari Kementerian PUPR dan saat ini masih dibahas di Kementerian PUPR mengenai besarannya berapa per kilometernya.

Jika SK tentang tarif tol Lampung sudah keluar, maka akan diumumkan kepada media nantinya.

Oleh karena itu, buat anda, mesti hati-hati saat membaca informasi di media sosial, karena informasi tarif tol per Januari 2019 nanti itu masih hoax sebelum ada informasi resmi dari Kementerian PUPR dan dari pihak pengelola jalan tol Lampung.

Tarif tol Bakauheni Bandar Lampung, Bakauheni Terbanggi Besar, Bakauheni Palembang, dan sebagainya, akan diatur di dalam SK Menteri PUPR.

So, nantikan terus berita terbaru tol Lampung dari media resmi agar tidak mendapatkan info hoax dari sumber yang gak jelas.

Oh ya, sebagai informasi tambahan, tarif tol Lampung tidak akan lebih dari 1.000 rupiah per km

Menurut informasi dari Direktur Utama PT Hutama Karya Bintang Perbowo, tarif tol di Sumatera tak akan lebih dari Rp 1.000/km nya.

Tarif tol Trans Sumatera dipatok berkisar antara Rp 700-940/km.

Tarif tol paling mahal yang diizinkan oleh Kementerian PUPR maksimum sebesar Rp940/km.

Jika kita mau hitung-hitungan, jarak jalan tol dari Bakauheni ke Terbanggi besar sekitar 140 km. Jika per km dikenakan tarif Rp940, maka tarif Tol Lampung Bakauheni Terbanggi Besar maksimum adalah sebesar Rp131.600,-.

Namun demikian, informasi tarif Tol Lampung resminya tetap harus menunggu informasi dari Kementerian PUPR yang berwenang menetapkan tarif tol.

Yang jelas, saat mudik natal dan tahun baru 2019, anda masih bisa menikmati jalan tol trans sumatera secara gratis tanpa dipungut iuran hehehe.

Oh ya, jika tarif tol Lampung nanti sudah ditetapkan, anda harus menggunakan etoll saat akan membayar tol. So, siapkan etoll sekarang juga.

Penggunaan etoll sudah lazim digunakan seperti tol Jakarta Merak dan tol tol lainnya di Indonesia. Mungkin sudah semuanya menggunakan etoll.

Rute Tol Lampung Palembang dan Medan

Rute Tol dari Lampung ke Palembang serta Tol Medan di antaranya sebagai berikut:

1. Tol Lampung Bakauheni-Terbanggi Besar

  • Paket 1: Pelabuhan Bakauheni-SS Sidomulyo (39,4 km) – Tanpa tarif.
  • Paket 2: SS Sidomulyo-SS Kotabaru (40,6 km) – Tanpa tarif.
  • Paket 3: Branti-Metro (12,5 km) – Tanpa tarif.
  • Paket 4: Gunung Sugih-Terbanggi Besar (9,84 km) – Tanpa tarif.

2. Tol Palembang-Indralaya

  • Seksi 1: Palembang-Pamulutan (7,75 km) – Rp 6.000
  • Seksi 2: Pamulutan-KTM (4,9 km) – Tanpa tarif.
  • Seksi 3: KTM-Indralaya (9,28 km) – Tanpa tarif.

3. Tol Medan-Binjai

  • Seksi 2: Helvetia-Semayang (6,18 km) – Rp 6.000
  • Seksi 3: Semayang-Binjai (4,28 km) – Rp 4.000

4. Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi

Seksi 1-6: Tanjung Morowa-Sei Rampah (52,95 km) – Rp 41.000

5. Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung

Segmen On Off Ramp Sementara Terbanggi Besar – Terusan Nyunyai (22 km) – Tanpa tarif.

Demikian kabar mengenai tarif Tol Lampung Terbanggi Besar yang Bisa Digunakan untuk Mudik Natal dan Tahun Baru. Baca juga: 3 Bandara yang Ada di Lampung.

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *