Apakah Belanja Di Shopee Aman Terpercaya

Apakah Belanja Di Shopee Aman Terpercaya Tanpa Penipuan?

riniisparwati.com – Saya sudah punya pengalaman baik dan buruk saat belanja di shopee id. Sebagian dari anda juga mungkin ada keluhan saat belanja di Shopee Indonesia. Namanya juga buatan manusia, pasti tetap saja gak sempurna dan ada celah yang biasa dimanfaatkan oleh oknum-oknum nakal di luar sana.

Belanja di shopee sendiri sebenarnya ya hampir sama dengan berbelanja di pasar, kita melihat barang-barang yang ada, lalu melihat harganya.

Bahkan di shopee juga ada fitur tawar, untuk menawar harga barang kepada seller, agar dapat harga yang lebih murah, meskipun saya pribadi belum pernah menggunakannya.

Fitur tawar shopee ini mungkin mengikuti tren yang ada di bukalapak saat itu di mana pembeli bisa menawar harga lewat aplikasi bukalapak.

Saat seseorang belanja di pasar, atau di toko, di situ pun sebenarnya ada risiko penipuan, misalkan harga yang terlalu tinggi, barang yang kualitasnya tidak sesuai dengan harga, dan sebagainya.

Hanya saja, saat berbelanja online, seperti belanja online di shopee, tentu risikonya menjadi lebih besar, karena barang yang dilihat hanya berupa gambar, berbeda dengan saat belanja di pasar atau toko atau mall.

Begitu halnya dengan seller yang kita sendiri gak kenal, gak tahu lokasinya, dan ada kemungkinan barang tidak dikirim, sehingga masa pengemasan shopee terlewati waktunya, dan akhirnya barang benar-benar tidak dikirim oleh seller penipu.

Tidak ada satu ecommerce atau toko belanja online yang aman 100%.

Apakah Belanja Di Shopee Aman dan Terpercaya?

Pada dasarnya, belanja online di shopee jauh lebih aman dibandingkan anda belanja di media sosial atau toko online lain selain ecommerce yang sudah banyak memasang iklan baik di TV, Youtube, maupun Google.

Jika anda belanja lewat WA, instagram, atau facebook, risiko penipuan jauh lebih besar dibandingkan dengan anda belanja di shopee.

Saat membeli barang langsung lewat penjual di facebook, uang yang anda bayarkan langsung anda transfer ke rekening penjual, sehingga bisa saja uang anda hilang jika penjual tersebut ternyata penipu.

Berbeda dengan saat anda belanja di shopee, uang yang anda transfer, bukan dikirimkan ke rekening penjual, tapi dikirimkan ke rekening bersama (rekening shopee), dan penjual sama sekali belum menerima uang anda.

Jadi, saat anda mendapatkan barang tidak sesuai dengan pesanan anda, atau ada penipuan di shopee, anda bisa mengajukan pembatalan pesanan di shopee atau pengembalian barang, dan kemudian bisa juga mengajukan pengembalian dana.

Setelah mengajukan pengembalian dana, uang anda akan kembali ke anda, masuk dulu ke akun shopeepay.

Setelah ada di akun shopeepay, uang pun bisa anda tarik ke rekening tabungan anda.

Untuk anda yang belanja di shopee bayar lewat Indomaret, uang juga nantinya akan masuk ke akun shopee pay anda setelah pengembalian dana.

Jadi jika ada pertanyaan, apakah shopee id terpercaya, menurut saya, belanja di shopee itu aman asalkan tahu tips cara belanja di shopee yang benar.

Jenis penipuan di shopee tentu ada beberapa yang patut diwaspadai, salah satunya adalah jika ada harga barang yang tidak wajar, maka bisa jadi itu adalah modus penipuan di shopee.

Saat berbelanja kepada seller baru di shopee juga risikonya lebih tinggi karena track recordnya belum teruji.

Jika proses pengemasan di shopee lebih dari 3 hari, maka jangan sungkan untuk menyampaikan keluhan belanja di shopee kepada cs shopee.

Baca: 2 Cara Chat Di Shopee yang Harus Anda Tahu.

Dan yang paling penting, agar anda tidak kehilangan uang anda, jangan pernah mengklik tombol “Pesanan Sudah Diterima” saat barang cacat atau barang belum sampai.

Setelah anda mengkonfirmasi “Pesanan Sudah Diterima”, maka saat itu uang anda akan ditransfer ke rekening penjual sehingga anda sudah tidak bisa lagi mengajukan pengembalian dana.

Cerita pengalaman buruk belanja di shopee, silakan baca: Penipuan di Shopee yang bikin kesal.

Tips Belanja Aman di Shopee ini juga bisa anda terapkan saat anda belanja di tokopedia, lazada, bukalapal, mataharimall, elevenia, dan olshop lainnya.

Misal anda mau membeli baju, maka anda harus perhatikan tips berbelanja aman tersebut.

Dan jika ingin meminimalisir risiko, anda juga bisa berbelanja dengan memilih produk dari nama toko terbaik di shopee atau seller of the month, biar bisa membandingkan pengalaman.

Saat terjadi penipuan, segera laporkan penipuan di shopee agar diproses oleh pihak shopee.

Demikian ulasan singkat, apakah belanja  di shopee id aman, terpercaya, dan tips mengatasi penipuan. Baca juga: Apakah JD.ID Penipu?

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *