6 Resiko Jika Tidak Membayar Shopee Paylater, Penagihan Ke Rumah?

riniisparwati.com – Apa yang terjadi jika tidak membayar shopee paylater? Apakah Ada Penagihan Shopee Paylater ke Rumah? Bagaimana pengalaman kamu? Dari beberapa jenis pinjaman online di shopee, salah satunya adalah shopee pay later, yaitu pemberian pinjaman yang dapat digunakan untuk membeli barang di shopee sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku.

Setelah mengaktifkan dan mendapatkan limit kredit, anda bisa menggunakannya untuk beli hp, laptop, komputer, dan peralatan lainnya di shopee secara cicilan.

Bentuk cicilannya bisa cicilan 1 bulan, 2 bulan, 3 bulan, 6 bulan dan bahkan sudah ada 12 bulan dengan tingkat bunga tertentu.

Nah, shopeepaylater ini adalah bentuk hutang yang harus kita lunasi bagaimana pun caranya.

Sebisa mungkin usahakan agar cicilan dibayar sebelum tanggal jatuh tempo shopee paylater.

Oh ya, yang terbaru, ada juga pinjaman online berbentuk uang tunai dari Shopee, kredit kerja sama dengan PT Lentera Dana Nusantara.

Nama pinjamannya adalah: Shopee Pinjam.

Alasan Tidak Membayar Tagihan Shopee Paylater

Tidak hanya di Kredivo dan Akulaku, pengguna layanan shopee paylater pun ada saja yang tidak mau membayar tagihan.

Bisa karena berbagai alasan.

Beberapa alasan telat bayar shopee paylater atau tidak bayar di antaranya:

1. Menjadi korban shopee paylater

Sekarang ini banyak penipuan mengatasnamakan hadiah dari shopee.

Dia menghubungi calon korban dengan iming-iming hadiah.

Lalu meminta kode OTP dan sebagainya.

Dia sebenarnya mau mencairkan shopee paylater atau shopee pinjam.

Korban gak sadar kalau telah ditipu dan dia jadi punya utang.

Karena gak merasa berhutang, akhirnya gak mau bayar tagihan.

Padahal, mau gak mau, korban ini yang akan tetap ditagih oleh DC Shopee.

2. Malas bayar tagihan Spaylater

Gak semua orang itu baik.

Ada saja yang nakal.

Dia memang cuma mau cari uang, lalu setelah itu kabur.

Jadi memang gak niat ngelunasi.

Baca juga:

Shopee Paylater Bisa Dicairkan?.

3. Lagi kesulitan ekonomi sehingga telat bayar 1 minggu, 1 bulan, bahkan mungkin 1 tahun

Ada yang memang benar-benar tidak punya uang.

Ada yang baru saja kena PHK sehingga kehilangan pekerjaan.

Ada yang baru saja kena musibah, dan sebab lainnya.

Karena kesulitan ekonomi sehingga tidak mampu membayarnya.

Nah, tentu masih ada banyak alasan lainnya, seperti akun shopee tiba-tiba dibatasi.

Kejahatan dalam dunia utang piutang memang selalu ada, tapi tidak semuanya jahat.

Ada juga yang punya niat baik untuk melunasi, hanya karena sedang kesulitan ekonomi saja sehingga tidak sanggup mencicil.

Wajar juga jika sebelumnya shopee membuat limit shopeepaylater dikurangi jadi nol.

Resiko Jika Tidak Bayar Tagihan Shopee Paylater

Jika tidak melunasi tagihan shopee paylater, maka beberapa konsekwensi atau sanksi ini akan terjadi pada kamu.

Dikenakan denda shopee paylater

Apakah shopee paylater berbunga?

Ya.

Dan ada denda juga.

Konsekwensi yang pertama jika tidak membayar shopee paylater adalah dikenakan denda.

Denda yang diberikan adalah sebesar 5% per bulan dari seluruh total tagihan.

Misal, tagihan kamu bulan ini dan sebelumnya ada 1juta.

Jika telat bayar maka akan dikenakan denda 5% x 1 juta = 50ribu.

Jika tidak dibayar, maka denda akan terus menumpuk dan membebani keuangan kamu nantinya.

2. Pembatasan fungsi tertentu di aplikasi shopee sebagai sanksi tidak bayar shopee paylater

Selain dikenakan denda, kamu juga akan dibatasi untuk mengakses fitur-fitur tertentu di aplikasi shopee.

Misalkan penggunaan voucher.

Jadinya kamu mungkin gak bisa belanja free ongkir lagi.

Atau voucher cashback gak dapat lagi.

3. Mendapat reputasi buruk karena tidak bayar tagihan shopee paylater

Riwayat keterlambatan dan ketidakbayaranmu, akan terbaca di SLIK OJK.

SLIK OJK ini bisa mencegah kamu untuk mendapatkan pinjaman dari lembaga keuangan lain.

Misal mau pinjam di Bank, Pegadaian, dll.

Karena reputasimu terbaca buruk, mereka ragu memberikan pinjaman.

4. Penagih shopee akan menagih kamu

Kalau kita tidak melunasi tunggakan atau tagihan shopee paylater, maka tim penagih shopee tetap akan menagih kita.

Bagaimana jika kita ganti hp, pindah rumah, dan menghilangkan kontak?

Di Shopee ada tim penagih utang yang bernama Skip Tracer.

Mereka ini akan berusaha melacak keberadaan kamu sekarang ini, diakibatkan tidak bayar tagihan Shopeepaylater.

Bisa melalui pelacakan lewat media sosial anda seperti facebook, twitter, instagram, dan sebagainya.

Atau dengan mendatangi rumah kamu.

Dan tentunya, setelah mendapatkan nomor telepon kamu, Penagih Shopee akan menelepon kamu atau berkirim SMS dan atau WA.

Tagihan yang belum terbayar tetap akan ditagihkan kepada kamu berikut denda keterlambatan pembayaran shopeepaylater.

5. Debt Collector bisa melakukan penagihan shopee paylater ke rumah

Kemungkinan, bisa juga debt collector mendatangi rumah nasabah shopeepaylater yang susah untuk ditagih.

Oleh karena itu, baiknya sih, kita harus punya itikad baik untuk melunasi segala maca hutang yang kita punya.

Apalagi hutang seperti ini, makin lama dipendam, makin banyak dendanya.

Hidup juga jadi tidak tenang dengan menyimpan hutang yang tidak dibayar.

Percaya deh, dengan hutang, hidup gak akan tenang.

Di manapun kamu berada.

6. Penjara

Kamu juga bisa mendapatkan sanksi dipenjara.

Itu terjadi jika pihak Spaylater menuntut kamu karena gak bayar.

Hubungan utang piutang itu hubungan perdata.

Jika pihak yang kamu rugikan menuntut penjara, maka kamu bisa dipenjara.

Non Aktifkan Shopee Paylater

Setelah semua utang lunas, tentu akan lebih baik jika kita tidak perlu berhutang lagi dengan model paylater seperti ini.

Shopeepaylater tidak dapat diuangkan atau dicairkan, hanya untuk beli barang.

Nah, beli barangnya, pas punya duit saja, gak perlu maksa, sehingga tidak terbebani dengan tagihan tiap bulannya.

Kecuali kalau memang mampu dan punya penghasilan tetap setiap bulannya.

Cerita Pengalaman Pengguna Shopee Paylater Yang Ditagih

Cerita ini saya baca di Media Konsumen.

Sebut saja N, menunggak cicilan Shopee Paylater selema kurang dari 120 hari atau 4 bulan.

Nilai tunggakan kurang dari 1,2 juta.

Karena menunggak, maka dia menerima surat dari penagih Shopeepaylater.

Dia juga menerima pesan whatsapp dari penagih yang ujung-ujungnya meminta foto.

Dan Penagih Shopee ini kerja sama dengan pihak ketiga, yang bernama Asia Collect.

Nah, jika ada penagih datang ke rumah anda, perlu anda tahu, bahwa pembayaran tagihan itu tidak kepada orang yang menagih anda.

Pembayaran tagihan tetap dilakukan lewat Aplikasi Shopee, bisa pakai Shopeepay, Indomaret, Transfer Bank, dll.

Jadi jangan sampai bayar ke orang, karena bisa jadi itu adalah penipuan mengatasnamakan Shopee Paylater.

Cerita Lengkapnya Bisa Dibaca di: https://mediakonsumen.com/2020/02/16/surat-pembaca/penagih-shopee-paylater-meminta-foto/comment-page-1

Apakah Akan Diproses Hukum?

Risiko ini juga harus anda perhitungkan.

Di mana pun, tidak membayar hutang itu salah dan di mata hukum pun pasti salah.

Jika pihak yang anda hutangi membawa kasus ini ke kasus hukum, tentu ya bisa saja.

Namun, saya yakin, pihak yang akan memproses hukum juga bakal hitung-hitungan soal biaya pemrosesan hukum.

So, melunasi secepatnya tetap jalan keluar terbaik.

Kesimpulan

Jika tidak membayar tagihan shopee paylater, apa yang akan terjadi?

  • penagih shopee akan menghubungi kita baik via WA, Telp, SMS, dll.
  • surat tagihan juga bisa dikirimkan ke rumah kita.
  • ada kemungkinan juga DC atau Debt Collector mendatangi rumah.
  • Pertimbangkan juga kemungkinan adanya proses hukum.

Demikian beberapa risiko jika kita tidak membayar tagihan shopee paylater kita. Baca juga: Tanya Jawab Shopee Paylater Lengkap.

40 thoughts on “6 Resiko Jika Tidak Membayar Shopee Paylater, Penagihan Ke Rumah?”

  1. Kak mau tanya… Tadi kan aku baru buat shopee pay later yg tagihan nya muncul di tanggal 25 dan batas pembayaran di tgl 5 bulan berikutnya… Nah mau tanya … Di masa pembayaran itu konta darurat yg pas awal kita masukin bakalan di hubungi langsung gak untuk ngasih tau info tagihan kita…?

      1. Kak mau tanya dong saya telat bayar spaylater belum 90 hari tp pihak dc mengancam akan kerumah itu benar ga ya saya takut karna sy tinggal bareng mertua.

          1. Misal kita tidak bisa melunasi seluruh tagihan, apakah kita bisa bayar dengan cara di cicil?

          2. Untuk dicicil saya kurang tahu kak. Mungkin pembaca yang lain ada yang tahu, silakan dikasih jawaban

          3. Ka saya punya tunggakana spaylater 250 ribu dan telat 48 hari lalu saya dapat SMS dari mba consult yg katanya jika dln 3 hari kedepan pihak dc akan datang kerumah kira kira bener ga ya ka apa cuma buat nakut”in aja?

        1. utang piutang itu hubungan perdata, jika pihak yang dirugikan membawa kasus hukum dan dimenangkan pengadilan maka bisa masuk penjara kak

    1. bakal di hubungi nomor darurat anda Jika nomor anda tidak aktif, selagi nomor anda aktif cs ga hubungi nomor darurat mba,,,

  2. Crta sedikit nih kak, Aku telat byar tagihan Spaylater 39hari udah di telfon dan di WA chat juga.. Pas hari ke 39di chat ,tagihan aku udah aku byr kan krna mumpung ada rejeki… Tp ini masih di chat juga sama pihak yg kmrin ngechat di WA ga tau yg mengatasnamakan shoope … Pdhl di shoope ku udah diaktifkan kembali akun nya krna kmrin di bekukan akun nya krna blm byr tagihan.. Akhirnya ga tak buka itu chatnya… Kok bisa sampe udah dibayarkan tapi masih ngechat untuk tagihan nya..

    1. Bisa jadi yang ngechat itu tidak melihat lagi apakah sudah dilunasi atau belum kak, yang penting ngechat aja. Pakai paylater ya memang ada risiko begini kak, apalagi kalau sudah sampai telepon dan didatangi debt collector, lebih gak nyaman lagi hehehe. Mudah-mudahan rejekinya makin lancar ke depan ya kak sehingga gak pakai paylater lagi hehehe. Aamiin.

      1. Padahal udah ga pernah di telfon lagi sama pihak shoopee, tapi sampai skrg masih diancam ancam dan di chat terus sama yg ngechat.. Jd kapok pakai spaylater.. Ga seberapa tp resiko nya tinggi.. Aamiin kak, udah ga mau pakai lagi kak skrg krna liat caranya sprti ini

      2. Maaf kak rini mau tanya aq kn pertama kali ini transaksi pake shopeepaylater tgl 19 april, trus nanti tagihannya muncul di tgl berapa ya? Sampai saat ini tgl 25 april blum muncul itu tagihannya… Takutnya ntar terlambat..

      3. Anggreniakbar03

        Ka aku kan punya tagihan spaylater 800
        sudah telat 34 hari aku bayar dengan cara dicicil,tapi ada cs shopee yg wa ngancem2 saya suruh melunasi seluruh tagihan ny,klau saya tidak melunasi seluruh tagihan ny dia akan menyuruh dc dtang krmh saya

  3. Kak mau tanya dong kan saya telat shoppe paylater dan spinjam tapi kenapa semua kontak di hp saya di sadap smua dan pihak dc telpon kakak ipar saya, pd hal nomor kakak ipar q bukn kontak darurat…
    Saya bukan nya gk mau bayar tapi mau bayar gimana kl saya habis kena PHK dan tidak kerja lagi..
    Mohon solusi nya kak,?

    1. Bisa jadi memang begitu kak. Alangkah baiknya kakak chat langsung pihak DC-nya, lalu tunjukan itikad baik kakak dengan mencicil, semampunya, jelaskan kalau baru di PHK dan bisanya cuma cicil berapa gitu

  4. Saya punya hutang di shopee pay later , tapi saya tidak bisa masuk ke akun saya itu di karenakan hp say hilang no nya udah hangus dan lupa sandi email nya, saya sudah coba untuk masuk dengan cara ganti no tlpon tapi tetap saja tidak bisa dan juga susah upload poto, seperti nya sangat sulit , mohon bantuan nya sebab saya ingin lunasi hutang saya ,

  5. Saya sdh tidak ada tagihan di spayleter..krna sya dpt keringanan dr spayleter..stlh semua beres..bbrpa hr blkngn ini sya di tagih lagi..dn br sja sya di tlpon sma cewe bar2 yg ngakunya dr MBAC..yg mna dia bilang kl sya msh punya tghn 250 rb lg..sya jelasin dr awal..eh dia nya ga mau..mlh blng kl dia tdk tau gt..aneh kan..sdng kan email dr shopee aja bilang bahwa sya bnr dpt program keringanan dan sya sdh byr semua..tnggal nggu penyesuaian di apk aja..yg sya heran knpa ya shopee punya rekanan kerja ko spti itu..ga da sopan2 nya yg nagih..bar2 kya preman2..

  6. halo ka mau tanya, kalo telat 5 hari apakah shopee akan wa kontak temen di hp saya dan dc datang ke rumah?

  7. knp hanya dijelaskan bahwa akan terjadi proses hukum.
    jika informasi lebih rinci makan pembaca akan lebih paham.
    hutang piutang tetaplah perdata bukan pidana

    1. Baik perdata maupun pidana, keduanya merupakan bagian dari hukum kak. Memang betul, hutang piutang merupakan bagian hukum perdata

  8. Kak, kalau masalah saya itu kena penipuan shopeepay latter dan spinjam dan juga rekening sy juga sudah habis dibobol penipu. Saya juga sudah minta keringanan kpd PT. Commerce Finance dan PT. Lentera Dana Nusantara akan tetapi tidak bisa. Itu solusinya bagaimana ya kak sy beritikad baik untuk membayarkannya akan tetapi semampu sy. Ini tagihan spaylatter sy sampai 9jt an kak belum jatuh tempo. Gimana ya kak caranya dapat keringanan ini saya juga sudah buat laporan kepolisian

    1. Kalau yang seperti ini mau minta keringan sepertinya susah kak, karena mereka menganggap ini kelalaian kakak sehingga akun shopee dan rekening bisa dibobol. Sebagai antisipasi ke depan, agar tidak pernah memberikan kode otp atau username dan password kepada siapa pun

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top