penyebab kenapa aplikasi shopee lemot dan cara mengatasinya

Kenapa Aplikasi Shopee Lemot Dan Susah Dibuka? Ini Solusinya

riniisparwati.com – Beberapa pertanyaan tentang shopee yang sering muncul, Kenapa aplikasi shopee lemot dan susah dibuka? Saat saya membuka aplikasi shopee, sering muncul notifikasi server errror atau aplikasi shopee terasa berat, lambat, loading terus dan tidak menampilkan produk atau barang yang akan saya beli. Gimana cara mengatasi aplikasi shopee yang lemot agar gak loading lama terus?

Saat saya membuka aplikasi shopee beberapa waktu ini, saya sendiri juga menjumpai sering tertulis server shopee error, lalu aplikasi shopee loading terus, sampai lama.

Membuka aplikasi shopee terasa lambat, lebih lambat dari aplikasi JD.ID yang pernah saya review sebelumnya.

Baca: Review Belanja di JD.ID.

Tak bisa dipungkiri shopee kini menjadi marketplace atau toko belanja online nomor 1 di Indonesia, dengan iklan shopee dari BlakPink yang menambah nilai jualnya.

Program-program promo shopee juga sangat menarik buat pembeli, seperti beberapa hari yang lalu saya beli peralatan dekorasi rumah, harga cuma 19 ribu rupiah, beli dua, lalu karena belanja pakai koin shopee sehingga dapat potongan harga, akhirnya cuma bayar 28 ribu rupiah.

Sudah gitu, meskipun cuma belanja 28 ribu rupiah, tetap dapat gratis ongkos kirim dari shopee, sehingga berkesan banget bagi pembeli macam saya, bisa berhemat.

Ya, lagi ada promo birthday 12.12 dan saya pilih promo gratis ongkor shopee tanpa batas minimal pembelian, jadi beli berapa pun tetap dapat ongkos kirim, sehingga meskipun belanja di bawah 50 ribu dapat ongkos kirim.

Lalu ada program kuis shopee yang sudah membius saya untuk ikutan kuis ini meskipun gak pernah menang hehehe.

Baca: Cara ikut kuis shopee.

Makin banyaknya pelanggan shopee, tentu membuat shopee jadi banyak yang akses, dan bisa jadi ini berdampak pada performa aplikasi shopee itu sendiri.

Shopee apk yang ada di HP android saya, faktanya juga beberapa kali susah diakses setelah login. Kemarin, saat saya mencoba beli pulsa di shopee, juga muncul notifikasi server error dan juga muncul notifikasi Koin Shope Tidak Bisa digunakan, padahal masih tetap bisa setelah saya coba ulang.

Penyebab Kenapa Aplikasi Shope Lambat Susah Dibuka/Diakses dan Solusi Cara Mengatasi Aplikasi Shopee Lemot

Seringkali kita mengalami masalah, hp lemot padahal aplikasi sedikit yang terinstall atau secara tidak sengaja kita telah menginstall aplikasi perusak android.

Permasalahan hp yang lemot juga bisa berdampak pada aplikasi shopee menjadi lemot, berat, susah dibuka atau diakses.

Tanpa panjang lebar, berikut ini beberapa penyebab aplikasi shopee terasa berat saat dibuka dan mungkin tidak bisa menampilkan produk:

1.Aplikasi Shopee lemot karena memori hp penuh/hampir penuh dikarenakan terlalu banyak aplikasi yang terinstall atau full sama foto dan video

Penyebab kenapa aplikasi shopee lemot yang pertama adalah karena permasalahan hp kita sendiri saat menggunakan aplikasi shopee.

Saat ruang penyimpanan di hp penuh, biasanya ada notifikasi dari smartphone, seperti “some system maybe not function” dan sebagainya.

Intinya, ada notifikasi jika hp penuh, ada beberapa aplikasi yang tidak bisa berjalan dengan sempurna.

Penyebab memori hp full biasanya karena terlalu banyak aplikasi yang diinstall di hp kita sehingga kapasitas memori hp pun kemudian penuh.

Selain karena banyaknya aplikasi yang terinstall, memori penuh juga bisa karena cache yang gak pernah dibersihkan, atau terlalu banyak foto dan video di hp sehingga memori hp full.

Memori penuh tidak hanya berdampak pada aplikasi shopee saja yang berat dibuka, tapi juga akan membuat aplikasi lain yang terinstall juga berat. Misalkan aplikasi fb lemot, instagram lemot, dan sebagainya.

Cara mengatasi aplikasi shopee lemot karena alasan ini adalah dengan menghapus sebagian file atau aplikasi agar menyediakan ruang penyimpanan yang lebih luas bagi aplikasi shopee untuk bekerja.

2. Aplikasi shopee terasa berat karena belum diupdate ke versi apk terbaru di playstore atau appstore

Penyebab lainnya mengapa aplikasi shopee berat untuk diakses, saat terbuka dan sudah login susah menampillkan produk, adalah karena kita masih menggunakan aplikasi shopee versi lama.

Untuk mengatasinya, coba untuk update aplikasi shopee ke versi terbaru.

Sama halnya dengan aplikasi WA yang suka bermasalah saat belum diupdate ke versi terbaru, aplikasi shopee pun bisa juga demikian.

Baca juga: 2 Alasan Kenapa Shopee Hilang.

3. Aplikasi shopee gangguan dan error tidak bisa dibuka karena hp android terkena virus

Saat mau install aplikasi atau mendownload sesuatu, kita harus hati-hati karena bisa saja apa yang kita install atau kita download ternyata virus.

Saat virus menyerang hp, maka bisa menyebabkan aplikasi tidak bisa dibuka, hp error, hp lemot, dan permasalahan lainnya, tergantung jenis virus yang menyerang.

Jika secara tidak sengaja ada aplikasi yang terindikasi virus, perlukah aplikasi pembersih di android? Menurut saya, salah satu solusinya adalah dengan menginstall antivirus dan pembersih juga.

Selain itu, untuk mencegahnya, perlu juga berhati-hati saat mendownload sesuatu.

4. Server shopee error hari ini juga bisa menyebabkan aplikasi shopee loading terus lama tidak bisa diakses

Saat pemakai aplikasi shopee terlalu banyak melebihi kapasitas kemampuan server, ini juga bisa menyebabkan shopee error hari ini.

Gangguan pada server shopee ini tentu harus segera diatasi, jika tidak maka akan menimbulkan kerugian bagi shopee sendiri.

Satu menit saja server shopee down, itu sudah merugikan jutaan, mungkin puluhan ratusan juta atau malah milyaran rupiah.

Jika permasalahan shopee lemot karena server shopee yang sedang down, maka kita tidak bisa apa-apa selain menunggu server diperbaiki.

5. Kapasitas RAM HP Android yang kecil

RAM yang kecil tentu memiliki keterbatasan. Saat kita memilki HP dengan RAM kecil maka jika terlalu banyak aplikasi yang dijalankan secara bersamaan, akan membuat aplikasi yang terbuka bisa lemot.

Misalkan pada saat bersamaan kita membuka aplikasi shopee, fb, instagram, WA. Bisa jadi salah satunya akan terasa lemot saat dibuka.

Solusinya, buka satu aplikasi saja agar aplikasi tidak lemot, atau ganti hp baru yang kapasitas RAMnya lebih besar hehehe.

Jangan gunakan juga aplikasi yang memakan RAM agar hp tetap cepat kinerjanya.

6. Aplikasi shopee lambat karena belum update OS

Performa hp android juga bisa lemot dikarenakan belum update OS. Jika ini menjadi salah satu sebab kenapa aplikasi shopee lambat, solusinya anda harus segera update OS anda begitu ada update terbarunya.

Baca juga: Alasan Mengapa Tidak Bisa Check Out di Shopee.

7. Jaringan internet yang jelek membuat aplikasi shopee berputar-putar saja saat dibuka

Jika ada permasalahan jaringan internet di tempat anda, bisa menyebabkan produk tidak muncul di pencarian shopee, lalu aplikasi berputar-putar saja saat diakses, atau malah sama sekali tidak bisa dibuka.

Jaringan internet yang tidak lancar juga akan menyebabkan aplikasi shopee loading lama, bisa menyebabkan error saat transaksi di shopee.

Cara memulihkan permasalahan aplikasi shopee karena jaringan internet, tentu saja gunakan provider yang sudah memiliki jaringan 4G dan kecepatan internetnya tinggi.

Beda wilayah beda kekuatan jaringan 4G di antara masing-masing provider.

Nah, kira-kira itulah faktor penyumbang permasalahan kepana shopee loading lama dan lemot. Cara agar shopee tidak lemot telah saya uraikan juga, mudah-mudahan ada yang berhasil menjadi solusi permasalahan anda.

Jika anda punya solusi lain mengenai cara mengatasi aplikasi shopee lemot dan penyebab kenapa aplikasi shopee tidak bisa dibuka silakan share di sini. Baca juga: Cara Mencari Toko di Shopee.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *