Pembatalan Shopee Uang Kembali Kemana? Ini Penjelasannya

Pembatalan Shopee Uang Kembali Kemana Ini Penjelasannya

riniisparwati.com – Pembatalan shopee uang kembali kemana. Saat berbelanja di shopee, ada kalanya karena berbagai alasan, kita memutuskan untuk membatalkan pesanan di shopee baik itu berupa pembatalan instan mauapun pembatalan non instan. Setelah proses pembatalan di shopee diproses dan disetujui, uang pun akan dikembalikan ke pembeli. Lalu, uang tersebut akan masuk ke mana, apakah ke rekening atau bisa langsung ke indomaret dan alfamart?

Seperti telah kita ketahui, ada dua jenis pembatalan pesanan di shopee. Cara membatalkan pesanan di shopee tapi sudah transfer bisa menggunakan dua metode.

Pembatalan di shopee yang pertama adalah pembatalan instan, di mana kita tidak memerlukan persetujuan penjual saat mengajukan pembatalan pesanan di shopee.

Sementara pembatalan di shopee yang kedua ada pembatalan non instan yang mana jika penjual menolak pembatalan shopee maka kita tidak bisa membatalkan pesanan dan barang yang sudah kita pesan akan tetap dikirim oleh seller.

Kedua jenis pembatalan pesanan shopee yang sudah dibayar di atas, apabila disetujui dan diproses oleh sistem shopee, maka uang akan dikembalikan kepada pembeli, jadi uang yang sudah dibayar tidak akan hilang.

Kecuali biaya admin tambahan yang harus dibayar ke pihak indomaret atau alfamart saat bayar shopee di minimarket, maka uang tersebut tidak bisa dikembalikan.

Uang yang dikembalikan oleh shopee hanya uang yang dibayarkan oleh kita ke shopee, bukan ke indomaret atau ke bank berupa biaya admin transfer antar bank.

Jika Proses Pengajuan Pembatalan Shopee Disetujui, Pembatalan Shopee Uang Kembali Kemana?

Cara membatalkan pesanan di shopee yang sudah dibayar yang paling mudah adalah dengan pembatalan instan yang dilakukan maksimal 1 jam setelah pembayaran terkonfirmasi dan sebelum penjual request pick up atau input nomor resi pengiriman barang.

Pembatalan pesanan shopee ini tidak perlu persetujuan penjual dan uang pun akan segera kembali ke pembeli.

Sedangkan cara membatalkan pesanan di shopee yang sudah di transfer selanjutnya, yaitu pembatalan non instan, memerlukan persetujuan penjual.

Selain itu, ada juga istilah pembatalan otomatis shopee, seperti pengalaman saya saat membeli pulsa dan paket data di shopee.

Kesemuanya, saat pembatalan pesanan sudah berhasil, uang akan dikembalikan ke pembeli, lewat beberapa cara, tergantung cara bayarnya kita saat belanja di shopee.

1. Pembatalan pesanan di shopee uang kembali dalam bentuk saldo shopeepay atau dulu bernama dompet shopee

Pembatalan Shopee Uang Kembali Kemana?

Yap, yang pertama adalah uang akan dikembalikan ke akun shopeepay anda jika pembatalan anda telah disetujui.

Pengembalian dana ke shopeepay ini dilakukan jika anda membayar pembelian barang di shopee dengan metode pembayaran:

Jadi jika anda bayar shopee via indomaret atau alfamart, uang anda akan dikembalikan ke akun shopeepay, bukan ke rekening indomaret tempat anda bayar pesanan anda.

Berapa lama dana masuk ke shopeepay? Gak lama kok dari waktu setelah pembatalan disetujui oleh sistem shopee.

Cara pengembalian dana shopee lewat indomaret atau alfamart adalah dalam bentuk saldo akun shopeepay anda, bukan ke rekening indomaret atau alfamart tempat anda bayar.

Jika ada pertanyaan, anda dapat menghubungi customer service shopee baik lewat email shopee, live chat, atau cara menghubungi shopee lainnya.

2. Pengembalian dana shopee untuk pembayaran pakai kartu kredit kemana?

Jika Anda belanja di shopee dan memilih metode pembayaran via cicilan kartu kredit, setelah pembatalan pesanan disetujui, dana tersebut akan dikembalikan oleh shopee ke kartu kredit Anda dengan lama waktu antara 7-14 hari kerja.

Ketentuan tiap-tiap bank tentunya berbeda, ada yang cepat ada yang lama.

Jika pengembalian dana anda dari shopee belum dikreditkan pada tagihan Anda, maka dana akan tercermin pada tagihan bulan berikutnya.

Silakan koordinasi dengan bank tempat anda memiliki kartu kredit untuk memastikan hal tersebut.

3. Jika saya kredit barang di shopee pakai kredivo dan kemudian dibatalkan, uang dikembalikan kemana?

Untuk cicilan di shopee tanpa kartu kredit menggunakan kredivo, uang akan dikembalikan ke akun kredivo anda dalam bentuk limit akun Kredivo anda dalam jangka waktu antara 7-14 hari kerja.

Proses pengembalian akan diproses langsung oleh piha Kredivo sendiri.

Untuk mengajukan pembatalan pesanan, anda hanya bisa melakukannya via aplikasi shopee, tidak bisa lewat aplikasi Kredivo.

Nah, itu adalah ketentuan mengenai pengembalian uang setelah pembatalan pesanan di shopee selesai. Sedangkan untuk cara pengembalian barang di shopee, akan kita bahas lain kali.

Kira-kira, itulah 3 cara uang dikembalikan ke anda saat anda membatalkan pesanan di shopee. Mudah-mudahan artikel pembatalan shopee uang kembali ke mana ini cukup membantu. Baca juga: Cara Beli Tiket Pesawat di Shopee.

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *