keunggulan kelebihan dan kekurangan shopee review pribadi

Keunggulan Shopee, Kelebihan, Serta Kekurangan Dari Review Pribadi

riniisparwati.com – Setiap toko online terbaik dan terpercaya di Indonesia pasti tidak ada yang sempurna. Masing-masing ecommerce punya keunggulan dibandingkan dengan pesaingnya. Demikian halnya dengan situs belanja online terbaik saat ini, shopee. Apa saja keunggulan shopee? Apa saja kelebihan dan kekurangan shopee bagi pembeli dan penjual?

Dari sejarah shopee yang saya baca, marketplace ini tergolong masih pemain baru di Indonesia. Shopee masih kalah pengalaman dengan Tokopedia, Bukalapak, Lazada, Zalora, blibli, atau situs belanja online lainnya yang sudah ada terlebih dahulu.

Jika anda membaca profil shopee, tentu anda bisa membaca kapan shopee ini didirikan oleh pemiliknya, dan kapan tokopedia serta situs belanja lainnya didirikan.

Meskipun tergolong baru, faktanya aplikasi shopee sudah didownload oleh begitu banyak orang, dan dari hasil survei, shopee indonesia merupakan situs belanja online favorit pertama di kalangan ibu-ibu pada tahun 2017 lalu.

Di tahun 2018 dan 2019 pun sepertinya shopee masih mengungguli tokopedia, lazada, bukalapak, dan sebagainya.

Hal ini tentu dikarenakan shopee punya keunggulan dibandingkan dengan toko online atau marketplace yang sejenis sehingga mampu bersaing ketat dengan pesaingnya.

Keunggulan dan Kelebihan Shopee Dibandingkan Platform Lain, Dari Fitur Yang Cukup Lengkap Sampai Program Promo dan Iklan yang Menarik

Bagi anda yang gemar belanja online, anda tentunya sudah tahu betul apa kelebihan tokopedia beserta kekurangannya, apa kelebihan dan kekurangan lazada, kelebihan dan kekurangan jd.id, bukalapak, dan platform belanja online lain.

Bagi anda yang sudah pengalaman menjadi seller di shopee, tentunya juga sudah tahu betul apa kelebihan shopee bagi penjual.

Shopee adalah perusahaan di bidang marketplace yang saat ini bisa dibilang paling favorit di Indonesia karena berbagai fitur dan kemudahan yang ada di dalamnya.

Rasanya, visi misi shopee tidak lama lagi akan tercapai, dibuktikan dengan antusiasme masyarakat Indonesia menggunakan aplikasi ini.

Asalkan shopee bisa terus berinovasi, mempertahankan keunggulan dan kelebihan shopee dibandingkan platform belanja online lainnya, maka shopee bakalan melejit.

Berikut ini beberapa keunggulan dan kelebihan shopee dari review saya pribadi:

1. Mudahnya cara belanja di shopee bagi pemula, gak ribet dan mudah mencari barang yang mau dibeli serta mencari toko yang mau dikunjungi

Kelebihan shopee bagi pembeli yang pertama adalah kemudahan dalam menggunakan aplikasi shopee, order barang, dan metode pembayaran yang ada.

Dari mengunduh aplikasi shopee via playstore atau appstore, lalu membuat username shopee beserta passwordnya, dan kemudian belanja di shopee, tidak ada yang menyulitkan.

Baca:

Pembeli juga dapat dengan mudah menemukan barang yang dicari lewat fitur searh, menemukan toko, dan kemudahan belanja lainnya.

2. Keunggulan fitur shopee: dilengkapi chat langsung dengan penjual atau seller di shopee

Dibandingkan dengan belanja di JD.ID atau marketplace lain, belanja di shopee memang lebih mudah, terutama karena shopee menyediakan fitur live chat dengan penjual.

Jadi, sebelum membeli barang di shopee, kita bisa tanya-tanya dulu ketersediaan barang, kapan barang dikirim, kenapa barang belum juga dikirim, kenapa barang yang dikirim tidak sesuai dengan pesanan, dan sebagainya.

Jadi kalau ada yang mau kita tahu, atau mau kita komplain mengenai pesnan shopee, kita bisa komplain dulu ke penjual via chatting.

Selain itu, kita juga bisa memastikan bahwa barang yang akan kita beli tersedia.

Baca: Cara Chat Dengan Seller Shopee.

3. Shopee punya kelebihan bisa menawar harga barang yang akan dibeli

Bagi pembeli, tentu mengharapkan harga yang paling murah dan barang yang paling bagus.

Shopee pun memahami kemauan pembeli, dengan menyediakan fitur tawar di aplikasi shopee.

Saat kita berbelanja via aplikasi shopee, kita bisa menawar harga barang yang akan kita beli kepada seller, via menu chat.

Meskipun saya belum pernah menggunakan fitur tawar ini, namun anda bisa mencobanya jika mau.

Baca: Cara Menawar Barang di Shopee.

4. Bisa menjadi dropshipper atau reseller di shopee

Apakah jualan di shopee rugi? Tidak juga. Kita bisa jualan di shopee tanpa stok barang, atau istilahnya menjadi dropshipper, dengan membuka toko sendiri di shopee.

Baca: Cara Menjadi Dropshipper di Shopee.

Anda bisa mendapatkan keuntungan sesuai dengan margin harga yang anda ambil saat anda menjadi dropshipper di shopee.

Pilih hashtag shopee produk yang tepat, gunakan tagline yang tepat, sehingga jualan barang anda di shopee bisa laku keras dan mudah dicari orang.

Lengkapi profil agar bisa menjadi star seller, dan bisa ikutan program gratis ongkir di shopee sehingga bisa meningkatkan penjualan anda.

5. Metode pembayaran yang sangat beragam, bisa beli barang di shopee bayar di Indomaret atau Alfamart

Cara membayar pesanan di shopee ada banyak pilihan, bisa beli secara kredit atau cicilan, atau bayar tunai.

Baca: Cara cicilan di shopee.

Shopee sendiri memiliki banyak metode pembayaran, bisa dilakukan kapan saja, bisa bayar menggunakan shopeepay, atau transfer via ATM bank mana saja.

Baca: Metode Pembayaran di Shopee Lengkap.

Panduan lainnya silakan baca:

6. Shopee termasuk salah satu aplikasi online shop yang bisa bayar di tempat atau COD

Kemudahan pembayaran shopee lainnya adalah disediakannya pilihan belanja di shopee bayar di rumah setelah barang sampai.

Dalam dunia belanja online, dikenal dengan istilah COD atau Cash On Delivery.

Silakan pilih barang yang akan anda beli, filter dulu pilihan COD, maka akan tampil barang mana saja yang menerima metode pembayaran COD di Shopee.

7. Belanja di Shopee gratis biaya ongkos kirim atau free ongkir sehingga harga barang makin murah

Shopee punya program subsidi gratis ongkir, sehingga setiap kita belanja di shopee, sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku, mendapatkan subsidi ongkos kirim sebesar 20 ribu rupiah.

Jika ongkir 20 ribu atau kurang, maka gratis ongkir, jika di atas 20 ribu maka ongkos kirim yang ditanggung pembeli adalah sisanya.

Sebelum membeli barang di shopee, perhatikan dulu barang-barang yang bisa dapat free ongkir beserta syarat ketentuan minimal belanja yang berlaku di dalamnya.

Ada kalanya saat sedang promo, tidak ada ketentuan minimal belanja untuk bisa mendapatkan gratis ongkir di shopee.

8. Program-program shopee menarik untuk diikuti

Untuk kalangan ibu-ibu, program dari shopee cukup menarik untuk diikuti seperti goyang shopee, kuis shopee dan dukung atau Vote Lida lewat aplikasi shopee.

Diiming-imingi bisa dapat koin shopee, ibu-ibu macam saya pun tertarik juga untuk ikut dalam program shopee.

Meskipun koin shopee yang didapatkan cuma dikisaran ratusan, tapi lumayan bisa jadi hiburan hehehe.

Kekurangan Shopee Dari Pengamatan Pribadi

Masih ada penipuan di shopee, seperti seller nakal, seperti pengalaman suami saya yang pernah saya ceritakan di sini: Penipuan di Shopee.

Kuota gratis ongkir juga terbatas banget, biasanya satu kali sehari, dan dibatasi per minggunya berapa kali, atau per bulan berapa kali, jadi gak setiap belanja bisa gratis ongkir.

Aplikasi shopee juga sering saya jumpai cukup lambat untuk diakses, mungkin karena terlalu banyak yang mengakses.

Pelayanan dari CS Shopee juga sering berupa bahasa mesin, mungkin karena kurang menguasai permasalahan atau terlalu banyak yang dilayani.

Kurang lebih, itulah analisis e commerce shopee dari pengamatan saya pribadi. Anda tentu bisa membandingkan sendiri antara shopee, lazada, elevenia, blibli, olx, bukalapak, tokopedia, zilingo, zalora, dan ecommerce serta marketplace lainnya.

Mudah-mudahan artikel keunggulan, kelebihan dan kekurangan shopee dari review pribadi ini bis berbagi pengetahunan kepada anda. Baca juga: Keuntungan Belanja Menggunakan ShopeePay.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *